General

Mean Median Modus: Pengertian dan Contoh dalam Statistik

×

Mean Median Modus: Pengertian dan Contoh dalam Statistik

Share this article

Mean, median, dan modus merupakan tiga jenis ukuran pemusatan data dalam statistik. Ketiganya sering digunakan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang data yang telah dikumpulkan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas pengertian dan contoh penggunaan ketiga jenis ukuran pemusatan data tersebut.

Pengertian Mean

Mean adalah jenis ukuran pemusatan data yang paling sering digunakan. Mean didefinisikan sebagai jumlah seluruh data dibagi dengan jumlah data yang ada. Misalnya, jika terdapat data 3, 5, 7, 9, dan 11, maka mean dari data tersebut adalah:

Mean = (3 + 5 + 7 + 9 + 11) / 5 = 7

Artinya, rata-rata dari data tersebut adalah 7. Mean juga bisa disebut dengan istilah nilai tengah atau nilai rata-rata.

Contoh Penggunaan Mean

Contoh penggunaan mean dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika ingin mengetahui rata-rata pengeluaran bulanan. Misalnya, jika pengeluaran bulanan selama 6 bulan terakhir adalah 1 juta, 2 juta, 3 juta, 4 juta, 5 juta, dan 6 juta, maka mean pengeluaran bulanan adalah:

Mean = (1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6) / 6 = 3.5 juta

Artinya, rata-rata pengeluaran bulanan selama 6 bulan terakhir adalah 3.5 juta rupiah.

Pengertian Median

Median adalah jenis ukuran pemusatan data yang menunjukkan nilai tengah dari data. Median diperoleh dengan mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar, kemudian memilih nilai tengah dari data tersebut.

Misalnya, jika terdapat data 5, 7, 10, 15, dan 20, maka median dari data tersebut adalah:

Median = 10

Karena nilai tengah dari data tersebut adalah 10.

Contoh Penggunaan Median

Contoh penggunaan median dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika ingin mengetahui nilai tengah gaji karyawan di suatu perusahaan. Misalnya, jika terdapat 10 karyawan dengan gaji sebesar 3 juta, 4 juta, 4 juta, 5 juta, 5 juta, 6 juta, 7 juta, 8 juta, 8 juta, dan 10 juta, maka median dari data tersebut adalah:

Median = 6 juta

Karena nilai tengah dari data tersebut adalah 6 juta rupiah.

Pengertian Modus

Modus adalah jenis ukuran pemusatan data yang menunjukkan nilai yang paling sering muncul dalam data. Modus diperoleh dengan mencari nilai yang paling sering muncul dalam data.

Misalnya, jika terdapat data 5, 7, 10, 10, dan 20, maka modus dari data tersebut adalah:

Modus = 10

Karena nilai yang paling sering muncul dalam data tersebut adalah 10.

Contoh Penggunaan Modus

Contoh penggunaan modus dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika ingin mengetahui merek mobil yang paling sering dibeli pada suatu tahun tertentu. Misalnya, jika terdapat data 20 pembelian mobil pada tahun 2021 dengan merek Toyota, Honda, Suzuki, Toyota, Toyota, Daihatsu, dan Honda, maka modus dari data tersebut adalah:

Modus = Toyota

Karena merek mobil Toyota muncul paling sering dalam data tersebut.

Kesimpulan

Mean, median, dan modus adalah tiga jenis ukuran pemusatan data dalam statistik. Mean digunakan untuk mengetahui nilai rata-rata dari data, median digunakan untuk mengetahui nilai tengah dari data, dan modus digunakan untuk mengetahui nilai yang paling sering muncul dalam data. Ketiga jenis ukuran pemusatan data tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang data yang telah dikumpulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *