General

Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Cara, dan Contohnya

×

Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Cara, dan Contohnya

Share this article

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif merupakan salah satu jenis metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang suatu fenomena. Berbeda dengan metode penelitian kuantitatif yang lebih fokus pada pengumpulan data berupa angka dan statistik, metode penelitian kualitatif lebih menekankan pada pengumpulan data berupa kata-kata dan narasi.Dalam metode penelitian kualitatif, peneliti menggunakan pendekatan yang lebih subjektif dan interpretatif dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data. Metode ini digunakan ketika peneliti ingin memahami bagaimana suatu fenomena terjadi, bagaimana orang berinteraksi satu sama lain, dan bagaimana makna dibentuk dan dipertahankan.

Cara Melakukan Metode Penelitian Kualitatif

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk melakukan metode penelitian kualitatif:1. Menentukan topik atau masalah penelitianLangkah pertama dalam melakukan metode penelitian kualitatif adalah menentukan topik atau masalah penelitian yang ingin diteliti. Topik atau masalah penelitian harus spesifik, jelas, dan relevan dengan bidang yang diteliti.2. Menentukan jenis data yang akan dikumpulkanSetelah menentukan topik atau masalah penelitian, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis data yang akan dikumpulkan. Data yang dikumpulkan dapat berupa wawancara, observasi, dokumen, dan sebagainya.3. Mengumpulkan dataSetelah menentukan jenis data yang akan dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data. Data dapat dikumpulkan melalui wawancara, observasi, atau melalui dokumen.4. Menganalisis dataSetelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis data. Analisis data dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi pola atau tema yang muncul dari data yang telah dikumpulkan.5. Menginterpretasikan dataSetelah data dianalisis, langkah selanjutnya adalah menginterpretasikan data. Interpretasi data dilakukan untuk menggambarkan makna atau arti dari data yang telah dikumpulkan.6. Menyusun laporan penelitianLangkah terakhir dalam metode penelitian kualitatif adalah menyusun laporan penelitian. Laporan penelitian harus mencakup semua langkah yang telah dilakukan, termasuk masalah penelitian, jenis data yang dikumpulkan, hasil analisis, dan makna atau arti dari data yang telah dikumpulkan.

Contoh Metode Penelitian Kualitatif

Berikut adalah contoh metode penelitian kualitatif yang dapat dilakukan:1. Studi KasusStudi kasus adalah salah satu bentuk metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk memahami suatu fenomena secara mendalam. Studi kasus dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber yang berbeda, seperti wawancara, dokumen, atau observasi.2. EtnografiEtnografi adalah metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk memahami budaya atau masyarakat tertentu. Peneliti yang melakukan etnografi biasanya tinggal di lokasi yang diteliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang budaya atau masyarakat tersebut.3. Grounded TheoryGrounded theory adalah metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk membangun teori baru dari data yang telah dikumpulkan. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari sumber yang berbeda dan kemudian melakukan analisis data untuk mengidentifikasi pola atau tema yang muncul.

Kesimpulan

Metode penelitian kualitatif merupakan salah satu jenis metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang suatu fenomena. Metode ini digunakan ketika peneliti ingin memahami bagaimana suatu fenomena terjadi, bagaimana orang berinteraksi satu sama lain, dan bagaimana makna dibentuk dan dipertahankan. Dalam melakukan metode penelitian kualitatif, peneliti harus melakukan langkah-langkah yang terstruktur, seperti menentukan topik atau masalah penelitian, menentukan jenis data yang akan dikumpulkan, mengumpulkan data, menganalisis data, menginterpretasikan data, dan menyusun laporan penelitian. Terdapat beberapa contoh metode penelitian kualitatif yang dapat dilakukan, seperti studi kasus, etnografi, dan grounded theory.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *