General

Minuman Khas Jawa Timur: Nikmati Sensasi Segarnya

×

Minuman Khas Jawa Timur: Nikmati Sensasi Segarnya

Share this article

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali kuliner khas. Salah satunya adalah minuman khas Jawa Timur yang memiliki rasa yang unik dan segar. Berikut adalah beberapa minuman khas Jawa Timur yang wajib kamu coba.

1. Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula merah. Minuman ini cukup terkenal di daerah Jawa Timur karena memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, Es Dawet Ayu juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu manis, cengkeh, jahe, dan daun pandan. Minuman ini memiliki rasa yang harum dan nikmat. Wedang Uwuh juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh pada saat musim hujan tiba.

3. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kacang merah, gula merah, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Kacang Merah juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

4. Es Teler

Es Teler adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kelapa muda, cincau, nangka, dan sirup. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Teler juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

5. Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung ketan, kacang hijau, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Wedang Ronde juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh pada saat musim hujan tiba.

6. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kelapa muda dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan menyegarkan. Es Kelapa Muda juga sering dijadikan sebagai minuman penyegar pada saat cuaca panas.

7. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung ketan, santan, telasih, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, Es Dawet Telasih juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

8. Es Cendol

Es Cendol adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung hunkwe, daun pandan, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Cendol juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

9. Es Buah

Es Buah adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari berbagai macam buah seperti jeruk, nangka, kelapa muda, dan semangka. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan menyegarkan. Es Buah juga sering dijadikan sebagai minuman penyegar pada saat cuaca panas.

10. Wedang Jahe

Wedang Jahe adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari jahe, gula merah, dan kayu manis. Minuman ini memiliki rasa yang hangat dan nikmat. Wedang Jahe juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh pada saat musim hujan tiba.

11. Es Blewah

Es Blewah adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari buah blewah, sirup, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Blewah juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

12. Es Kopyor

Es Kopyor adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kelapa muda dengan daging kelapa yang masih lembut. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan nikmat. Es Kopyor juga sering dijadikan sebagai minuman penyegar pada saat cuaca panas.

13. Es Puter

Es Puter adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari susu, krim, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Puter juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

14. Wedang Secang

Wedang Secang adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari akar secang, jahe, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang hangat dan nikmat. Wedang Secang juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh pada saat musim hujan tiba.

15. Es Kweni

Es Kweni adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari buah kweni, susu, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Kweni juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

16. Es Pleret

Es Pleret adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, Es Pleret juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

17. Es Legen

Es Legen adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kelapa muda, gula merah, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Legen juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

18. Es Dawet Ireng

Es Dawet Ireng adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung ketan hitam, santan, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, Es Dawet Ireng juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

19. Wedang Pokak

Wedang Pokak adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari daun pokak, gula merah, dan kayu manis. Minuman ini memiliki rasa yang hangat dan nikmat. Wedang Pokak juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh pada saat musim hujan tiba.

20. Es Kacang Hijau

Es Kacang Hijau adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kacang hijau, gula merah, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Kacang Hijau juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

21. Es Tape Ketan

Es Tape Ketan adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tape ketan, santan, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, Es Tape Ketan juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

22. Es Degan

Es Degan adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari air kelapa muda, sirup, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan nikmat. Es Degan juga sering dijadikan sebagai minuman penyegar pada saat cuaca panas.

23. Es Buah Naga

Es Buah Naga adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari buah naga, sirup, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Buah Naga juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

24. Es Legit

Es Legit adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari tape, kelapa muda, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Legit juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

25. Es Kiyud

Es Kiyud adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari air kelapa muda, gula merah, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Kiyud juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

26. Es Degan Campur

Es Degan Campur adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari air kelapa muda, buah nangka, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan nikmat. Es Degan Campur juga sering dijadikan sebagai minuman penyegar pada saat cuaca panas.

27. Es Kacang Ijo

Es Kacang Ijo adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kacang hijau, gula merah, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Kacang Ijo juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

28. Es Ketan Hitam

Es Ketan Hitam adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari ketan hitam, santan, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, Es Ketan Hitam juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

29. Es Cincau Hijau

Es Cincau Hijau adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari cincau hijau, susu, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar. Es Cincau Hijau juga sering dijadikan sebagai menu penutup setelah makan.

30. Es Kacang Merah Jahe

Es Kacang Merah Jahe adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari kacang merah, jahe, dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa yang hangat dan nikmat. Es Kacang Merah Jahe juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh pada saat musim hujan tiba.

Kesimpulan

Jawa Timur memiliki banyak sekali minuman khas yang memiliki rasa yang unik dan segar. Mulai dari Es Dawet Ayu, Wedang Uwuh, Es Kacang Merah, Es Teler, Wedang Ronde, hingga Es Kelapa Muda, semuanya memiliki keunikan dan cita rasa yang berbeda. Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencoba beberapa minuman khas yang sudah disebutkan di atas. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *