General

Pemikiran Pythagoras: Filosuf Yunani Kuno

×

Pemikiran Pythagoras: Filosuf Yunani Kuno

Share this article

Pengenalan

Pythagoras adalah seorang filosuf Yunani kuno yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang matematika dan filsafat. Dia dianggap sebagai salah satu tokoh paling penting dalam sejarah matematika dan dikenal dengan Teorema Pythagoras. Selain itu, ia juga dikenal sebagai pendiri sekolah Pythagorean, sebuah masyarakat rahasia yang memberikan pengaruh besar pada dunia filsafat.

Asal Usul Pythagoras

Pythagoras lahir di Samos, sebuah pulau di Yunani, pada sekitar tahun 570 SM. Ayahnya adalah seorang pedagang dan ibunya adalah seorang budak yang dibebaskan. Pythagoras sangat tertarik pada matematika dan filsafat sejak kecil dan belajar di bawah bimbingan beberapa guru terkenal.

Pemikiran Matematika

Pythagoras mengembangkan banyak konsep matematika yang penting, termasuk Teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa dalam segitiga siku-siku, kuadrat dari sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari kedua sisi lainnya. Dia juga menemukan bahwa dunia alam semesta dapat dijelaskan melalui angka dan proporsi, yang disebut sebagai harmonisasi kosmik.

Pemikiran Filsafat

Selain matematika, Pythagoras juga memiliki kontribusi besar dalam filsafat. Ia meyakini bahwa alam semesta terdiri dari angka dan proporsi, dan bahwa angka-angka tersebut memiliki makna yang dalam. Ia juga mengajarkan bahwa jiwa manusia dapat mencapai kesempurnaan melalui pembelajaran, meditasi, dan pengetahuan.

Sekolah Pythagorean

Pythagoras mendirikan sekolah Pythagorean di Kroton, Italia, pada sekitar tahun 530 SM. Sekolah ini terdiri dari sekelompok orang yang mempraktikkan ajaran-ajarannya, termasuk vegetarianisme, kesederhanaan, dan pembelajaran matematika dan filsafat. Sekolah ini sangat berpengaruh dalam dunia filsafat dan matematika pada masa itu.

Pengaruh Pythagoras

Pythagoras memberikan pengaruh besar pada dunia filsafat dan matematika pada masa kuno. Kontribusinya dalam matematika, seperti Teorema Pythagoras dan harmonisasi kosmik, masih digunakan hingga saat ini. Selain itu, ajaran-ajaran Pythagoras dalam filsafat juga memengaruhi banyak pemikir dan filosuf di kemudian hari.

Kesimpulan

Pythagoras adalah seorang filosuf Yunani kuno yang memiliki kontribusi besar dalam bidang matematika dan filsafat. Dia dikenal dengan Teorema Pythagoras, pendirian sekolah Pythagorean, dan ajaran-ajaran yang mengajarkan tentang pentingnya angka dan proporsi dalam alam semesta. Pemikirannya masih relevan hingga saat ini dan memberikan pengaruh besar pada dunia filsafat dan matematika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *