General

Pengertian Kabel Twisted Pair: Mengenal Kabel yang Banyak Digunakan dalam Jaringan Komputer

×

Pengertian Kabel Twisted Pair: Mengenal Kabel yang Banyak Digunakan dalam Jaringan Komputer

Share this article

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa perangkat yang saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Salah satu komponen penting dalam jaringan komputer adalah kabel. Ada berbagai jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer, salah satunya adalah kabel twisted pair.

Apa itu Kabel Twisted Pair?

Kabel twisted pair adalah jenis kabel yang terdiri dari dua atau lebih kabel tembaga yang dililitkan secara berselang-seling satu sama lain. Kabel ini banyak digunakan dalam jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, switch, router, dan lain sebagainya.

Setiap kabel dalam twisted pair terdiri dari dua konduktor atau penghantar, yaitu kabel berwarna biru dan kabel berwarna oranye. Kabel-kabel ini dililitkan secara berselang-seling untuk mengurangi gangguan elektromagnetik yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal yang dikirimkan melalui kabel.

Kelebihan Kabel Twisted Pair

Kabel twisted pair memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, antara lain:

  • Mudah ditemukan dan tersedia di pasaran
  • Murah dibandingkan dengan jenis kabel lainnya
  • Mudah dipasang dan dihubungkan dengan perangkat lain
  • Dapat digunakan untuk jarak yang cukup jauh
  • Tidak membutuhkan daya tambahan untuk mengirimkan sinyal

Jenis-jenis Kabel Twisted Pair

Ada dua jenis kabel twisted pair yang umum digunakan dalam jaringan komputer, yaitu:

1. Unshielded Twisted Pair (UTP)

UTP adalah jenis kabel twisted pair yang tidak dilindungi oleh lapisan pelindung atau shield. Kabel ini banyak digunakan dalam jaringan komputer rumahan atau kecil yang tidak memiliki tingkat gangguan elektromagnetik yang tinggi.

2. Shielded Twisted Pair (STP)

STP adalah jenis kabel twisted pair yang dilindungi oleh lapisan pelindung atau shield. Kabel ini banyak digunakan dalam jaringan komputer besar yang memiliki tingkat gangguan elektromagnetik yang tinggi, seperti jaringan komputer di gedung-gedung perkantoran atau industri.

Cara Kerja Kabel Twisted Pair

Kabel twisted pair bekerja dengan mengirimkan sinyal listrik melalui kabel tembaga yang dililitkan secara berselang-seling. Sinyal listrik ini kemudian diterima oleh perangkat tujuan dan diubah menjadi data yang dapat dibaca oleh manusia atau perangkat lain.

Untuk mengirimkan sinyal listrik, kabel twisted pair menggunakan dua teknologi, yaitu:

1. Baseband

Baseband adalah teknologi pengiriman sinyal listrik yang menggunakan satu frekuensi saja untuk mengirimkan data. Teknologi ini banyak digunakan dalam jaringan komputer dengan kecepatan rendah atau sedang.

2. Broadband

Broadband adalah teknologi pengiriman sinyal listrik yang menggunakan beberapa frekuensi untuk mengirimkan data. Teknologi ini banyak digunakan dalam jaringan komputer dengan kecepatan tinggi atau sangat tinggi.

Cara Memilih Kabel Twisted Pair yang Tepat

Untuk memilih kabel twisted pair yang tepat, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Jenis kabel (UTP atau STP)
  • Kategori kabel (Cat5, Cat5e, Cat6, atau Cat7)
  • Panjang kabel yang dibutuhkan
  • Tingkat gangguan elektromagnetik di lingkungan sekitar

Jika Anda menggunakan jaringan komputer kecil, UTP kategori Cat5 atau Cat5e sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun, jika Anda menggunakan jaringan komputer besar, sebaiknya gunakan STP kategori Cat6 atau Cat7 untuk mendapatkan kualitas sinyal yang lebih baik dan terhindar dari gangguan elektromagnetik.

Cara Memasang Kabel Twisted Pair

Untuk memasang kabel twisted pair, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan panjang kabel yang dibutuhkan
  2. Potong kabel sesuai dengan panjang yang dibutuhkan
  3. Kupas lapisan pelindung kabel dengan menggunakan stripper
  4. Pisahkan kabel biru dan kabel oranye
  5. Kupas ujung kabel biru dan kabel oranye dengan menggunakan stripper
  6. Lilitkan kabel biru dan kabel oranye secara berselang-seling
  7. Hubungkan ujung kabel dengan perangkat yang akan dihubungkan
  8. Tes koneksi dengan menggunakan tester kabel

Kesimpulan

Kabel twisted pair adalah jenis kabel yang banyak digunakan dalam jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, switch, router, dan lain sebagainya. Kabel ini terdiri dari dua atau lebih kabel tembaga yang dililitkan secara berselang-seling untuk mengurangi gangguan elektromagnetik. Ada dua jenis kabel twisted pair yang umum digunakan, yaitu UTP dan STP. Untuk memilih kabel twisted pair yang tepat, perhatikan jenis kabel, kategori kabel, panjang kabel, dan tingkat gangguan elektromagnetik di lingkungan sekitar. Untuk memasang kabel twisted pair, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *