General

Pengertian Masa Kanak-Kanak dan Perkembangannya Awal, Menengah, Akhir

×

Pengertian Masa Kanak-Kanak dan Perkembangannya Awal, Menengah, Akhir

Share this article

Masa kanak-kanak adalah masa yang penuh dengan belajar dan eksplorasi. Masa ini dimulai dari bayi lahir sampai usia 12 tahun. Selama masa ini, anak-anak mengalami banyak perubahan dalam perkembangan fisik, emosional, sosial, dan kognitif. Perkembangan ini berlangsung dalam tiga tahap, yaitu awal, menengah, dan akhir.

Tahap Awal Masa Kanak-Kanak

Tahap awal masa kanak-kanak dimulai dari lahir sampai usia dua tahun. Pada tahap ini, anak-anak mengalami banyak perkembangan fisik dan kognitif. Mereka belajar untuk mengendalikan tubuh mereka, seperti menggerakkan lengan dan kaki, mengangkat kepala, dan merangkak. Mereka juga mulai belajar untuk berbicara dan memahami bahasa. Di samping itu, anak-anak mulai belajar mengenali wajah dan suara orang-orang di sekitar mereka, dan mulai membentuk hubungan sosial yang awal.

Pada tahap ini, orang tua dan pengasuh sangat penting dalam membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mereka. Mereka perlu memberikan perhatian yang cukup dan memberikan stimulasi yang tepat untuk perkembangan fisik dan kognitif anak-anak.

Tahap Menengah Masa Kanak-Kanak

Tahap menengah masa kanak-kanak dimulai dari usia dua tahun sampai enam tahun. Pada tahap ini, anak-anak mulai belajar untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka dan mulai mengembangkan kemampuan sosial dan emosional. Mereka juga mulai belajar untuk bermain dengan teman sebaya dan mengembangkan kemampuan bahasa yang lebih kompleks.

Pada tahap ini, sekolah prasekolah dan kelompok bermain sangat penting dalam membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Mereka juga perlu diberikan kesempatan untuk bermain dan bereksplorasi di lingkungan yang aman dan mendukung.

Tahap Akhir Masa Kanak-Kanak

Tahap akhir masa kanak-kanak dimulai dari usia enam tahun sampai dua belas tahun. Pada tahap ini, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan kognitif yang lebih kompleks, seperti berpikir abstrak dan memecahkan masalah yang lebih kompleks. Mereka juga mulai mengembangkan identitas diri dan memahami nilai-nilai sosial dan budaya yang lebih kompleks.

Pada tahap ini, sekolah dasar sangat penting dalam membantu anak-anak mengembangkan kemampuan akademik dan sosial mereka. Mereka juga perlu diberikan kesempatan untuk bereksplorasi dan mengeksplorasi minat dan bakat mereka melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Kesimpulan

Masa kanak-kanak adalah masa yang penuh dengan perubahan dan perkembangan. Setiap tahap perkembangan memiliki karakteristik yang unik dan penting untuk pemahaman kita tentang bagaimana anak-anak tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, sebagai orang dewasa, kita perlu memberikan perhatian dan dukungan yang tepat untuk membantu anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *