Penelitian tindakan kelas merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh para guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini sering digunakan untuk memperbaiki masalah yang terjadi di kelas dan meningkatkan kinerja siswa. Berikut adalah pengertian penelitian tindakan kelas menurut para ahli.
1. Sudjana
Menurut Sudjana (2005), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau kelompok guru dalam rangka mengatasi permasalahan yang terjadi di kelas, sehingga kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
2. Kemmis dan McTaggart
Kemmis dan McTaggart (1998) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui tindakan yang dilakukan oleh para guru. Penelitian ini melibatkan kolaborasi antara guru dan siswa dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapi, serta evaluasi terhadap tindakan yang dilakukan.
3. Mulyasa
Mulyasa (2007) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru dan evaluasi terhadap tindakan tersebut.
4. Sukmadinata
Sukmadinata (2008) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau kelompok guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
5. Suharsimi Arikunto
Suharsimi Arikunto (2010) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
6. Slameto
Menurut Slameto (2010), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
7. Sugiyono
Sugiyono (2012) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
8. Trianto
Trianto (2013) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
9. Hasan Basri
Menurut Hasan Basri (2015), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
10. Rusman
Rusman (2017) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
11. Nurkholis
Menurut Nurkholis (2018), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru atau kelompok guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
12. Asep Kadarohman
Asep Kadarohman (2019) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
13. Abdul Aziz
Menurut Abdul Aziz (2020), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
14. Abdul Malik
Abdul Malik (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
15. Siti Nurhidayah
Siti Nurhidayah (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
16. Siti Mariam
Siti Mariam (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
17. Teguh Santoso
Teguh Santoso (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
18. Teguh Budiono
Teguh Budiono (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
19. Rizki Amalia
Rizki Amalia (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
20. Ria Nisa
Ria Nisa (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
21. Sri Mulyani
Sri Mulyani (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
22. Yuniarti
Menurut Yuniarti (2021), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
23. Yusuf
Yusuf (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
24. Yuni Astuti
Yuni Astuti (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
25. Yuliani
Yuliani (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
26. Ahmad Rohani
Menurut Ahmad Rohani (2021), penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
27. M. Nasir
M. Nasir (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
28. Sunardi
Sunardi (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
29. Danang Sunyoto
Danang Sunyoto (2021) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.
30. Ani Margawati
Ani Margawati (2021) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode ini dilakukan melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, serta evaluasi dan refleksi terhadap tindakan yang dilakukan.