General

Penulis Modern Larry McMurtry Lahir

×

Penulis Modern Larry McMurtry Lahir

Share this article

Larry McMurtry adalah salah satu penulis modern terkenal yang lahir pada 3 Juni 1936 di Wichita Falls, Texas, Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai penulis novel fiksi dan non-fiksi, serta penulis naskah film. Karya-karyanya telah memenangkan berbagai penghargaan dan diadaptasi ke dalam film dan serial televisi yang sukses.

Kehidupan Awal

Larry McMurtry lahir di Texas pada masa Depresi Besar. Keluarganya memiliki bisnis penjualan buku bekas dan ia tumbuh dalam lingkungan yang dipenuhi dengan buku-buku. McMurtry belajar di Universitas Rice di Houston dan lulus dengan gelar Bachelor of Arts pada tahun 1958. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Stanford di California dan meraih gelar Master of Arts dalam bidang Sastra Inggris pada tahun 1960.

Karya-Karya Awal

McMurtry menulis novel pertamanya, “Horseman, Pass By”, pada tahun 1961, yang kemudian diadaptasi menjadi film berjudul “Hud” pada tahun 1963. Novel keduanya, “Leaving Cheyenne”, diterbitkan pada tahun 1963. Namun, karya McMurtry yang paling terkenal adalah “The Last Picture Show” yang diterbitkan pada tahun 1966. Novel ini diadaptasi menjadi film pada tahun 1971 dan meraih empat nominasi Academy Awards.

Karya-Karya Selanjutnya

McMurtry terus menulis novel dan naskah film yang sukses. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain “Terms of Endearment” (1975), “Lonesome Dove” (1985), dan “The Evening Star” (1992). “Lonesome Dove” adalah salah satu novel terbaik yang pernah ditulis dan memenangkan Pulitzer Prize for Fiction pada tahun 1986.

Penghargaan dan Prestasi

McMurtry telah memenangkan berbagai penghargaan dan prestasi atas karya-karyanya. Selain Pulitzer Prize for Fiction, ia juga memenangkan National Book Award for Fiction pada tahun 1986 dan PEN/Faulkner Award for Fiction pada tahun 1981. Pada tahun 2014, ia menerima PEN Literary Award for Lifetime Achievement in Fiction.

Kontroversi

McMurtry pernah menjadi kontroversi ketika ia menjual koleksi buku langka miliknya seharga $2,5 juta pada tahun 2012. Koleksi ini termasuk buku-buku kuno dan langka dari penulis-penulis terkenal seperti Charles Dickens, Ernest Hemingway, dan William Faulkner. Banyak orang merasa kecewa dengan keputusan McMurtry untuk menjual koleksi bukunya tersebut.

Kehidupan Pribadi

McMurtry menikah dan bercerai tiga kali. Ia memiliki seorang putra bernama James McMurtry yang juga seorang musisi dan penulis lagu. McMurtry tinggal di Archer City, Texas, di mana ia memiliki sebuah toko buku bekas yang terkenal bernama “Booked Up”.

Kesimpulan

Larry McMurtry adalah salah satu penulis modern terkenal yang lahir pada 3 Juni 1936 di Wichita Falls, Texas, Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai penulis novel fiksi dan non-fiksi, serta penulis naskah film. Karya-karyanya telah memenangkan berbagai penghargaan dan diadaptasi ke dalam film dan serial televisi yang sukses. Meskipun ia pernah menjadi kontroversi karena menjual koleksi buku langka miliknya, McMurtry tetap dihormati sebagai salah satu penulis terbesar di Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *