General

Perbedaan Ukuran Lapangan Futsal dan Sepak Bola yang Perlu Diketahui

×

Perbedaan Ukuran Lapangan Futsal dan Sepak Bola yang Perlu Diketahui

Share this article

Futsal dan sepak bola adalah dua olahraga yang sangat populer di Indonesia. Namun, meskipun keduanya menggunakan bola, lapangan yang digunakan berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan ukuran lapangan futsal dan sepak bola yang perlu diketahui.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan sepak bola memiliki standar yang ditetapkan oleh FIFA. Menurut standar FIFA, lapangan sepak bola harus berukuran minimal 100 x 64 meter dan maksimal 110 x 75 meter. Namun, ukuran lapangan sepak bola yang lebih kecil juga bisa digunakan untuk pertandingan.

Ukuran gawang pada lapangan sepak bola juga memiliki standar. Tinggi gawang harus 2,44 meter dan lebar gawang harus 7,32 meter. Sedangkan jarak antara gawang harus 5,5 meter.

Di tengah lapangan, terdapat sebuah lingkaran penalti dengan jarak radius 9,15 meter dari titik tengah gawang. Selain itu, terdapat juga lingkaran pusat dengan jarak radius 9,15 meter dari titik tengah lapangan.

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran lapangan futsal lebih kecil daripada lapangan sepak bola. Menurut standar FIFA, ukuran lapangan futsal harus berukuran minimal 25 x 16 meter dan maksimal 42 x 25 meter.

Ukuran gawang pada lapangan futsal juga berbeda dengan lapangan sepak bola. Tinggi gawang pada lapangan futsal adalah 2 meter dan lebar gawang adalah 3 meter. Sedangkan jarak antara gawang adalah 6 meter.

Di tengah lapangan futsal, terdapat sebuah lingkaran penalti dengan jarak radius 6 meter dari titik tengah gawang. Selain itu, terdapat juga lingkaran pusat dengan jarak radius 3 meter dari titik tengah lapangan.

Perbedaan Lainnya

Selain ukuran lapangan dan gawang, ada beberapa perbedaan lainnya antara futsal dan sepak bola. Salah satunya adalah jumlah pemain yang bermain di lapangan. Dalam futsal, hanya ada 5 pemain di setiap tim, sedangkan dalam sepak bola, ada 11 pemain di setiap tim.

Waktu pertandingan juga berbeda. Pertandingan futsal terdiri dari 2 babak dengan masing-masing babak berdurasi 20 menit. Sedangkan pertandingan sepak bola terdiri dari 2 babak dengan masing-masing babak berdurasi 45 menit.

Peraturan dalam futsal juga berbeda dengan sepak bola. Misalnya, dalam futsal, pemain tidak diizinkan melakukan tackle keras. Sedangkan dalam sepak bola, tackle keras masih dianggap sah.

Kesimpulan

Jadi, itulah perbedaan ukuran lapangan futsal dan sepak bola yang perlu diketahui. Meskipun keduanya merupakan olahraga yang populer, namun ada banyak perbedaan antara keduanya. Dengan mengetahui perbedaan ini, kita bisa lebih menghargai kedua olahraga ini dan memilih olahraga yang lebih sesuai dengan keinginan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *