General

Perjuangan Panjang Mempertahankan Irian

×

Perjuangan Panjang Mempertahankan Irian

Share this article

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam mempertahankan wilayahnya. Salah satunya adalah perjuangan untuk mempertahankan Irian, yang sekarang dikenal sebagai Papua. Perjuangan ini memakan waktu yang cukup lama dan banyak pengorbanan yang dilakukan. Namun, hasilnya sangat memuaskan karena Indonesia berhasil mempertahankan wilayahnya.

Pembagian Wilayah Papua

Papua terbagi menjadi dua wilayah yaitu Papua Barat dan Papua. Papua Barat merupakan provinsi baru yang dibentuk pada tahun 2003. Sedangkan Papua merupakan provinsi paling timur di Indonesia dan memiliki luas wilayah sekitar 317.000 km2.

Masuknya Belanda ke Papua

Pada tahun 1828, Belanda mulai memasuki wilayah Papua dan menjadikannya sebagai wilayah jajahan. Belanda mulai membangun infrastruktur di wilayah tersebut dan mengembangkan ekonomi dengan menanamkan modalnya di berbagai sektor.

Perjuangan Pembebasan Irian

Pada awal kemerdekaan Indonesia, Papua masih menjadi wilayah jajahan Belanda. Namun, Indonesia tidak tinggal diam dan terus berjuang untuk membebaskan Papua. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengirimkan delegasi ke PBB untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua.

Pada tahun 1961, Papua Barat menyatakan kemerdekaannya dengan nama West Papua. Namun, hal ini tidak diakui oleh Belanda dan Indonesia. Sebagai hasilnya, terjadi konflik yang berdampak pada keamanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Penyerahan Kedaulatan Papua ke Indonesia

Pada tahun 1962, Belanda dan Indonesia menandatangani perjanjian New York yang mengatur tentang penyerahan kedaulatan Papua ke Indonesia. Namun, Belanda memberikan syarat bahwa Papua harus diberikan hak untuk memilih nasibnya sendiri dalam waktu 6 tahun.

Pada tahun 1969, dilakukan pemungutan suara di Papua untuk menentukan apakah mereka akan tetap menjadi wilayah Indonesia atau memisahkan diri. Hasilnya, mayoritas penduduk Papua memilih untuk tetap menjadi bagian dari Indonesia.

Perjuangan Mempertahankan Papua

Meskipun Papua sudah menjadi bagian dari Indonesia, namun masih terjadi konflik dan perjuangan untuk mempertahankan wilayah tersebut. Beberapa kelompok yang tidak puas dengan hasil pemungutan suara terus melakukan serangan dan aksi-aksi kekerasan.

Pada tahun 2001, Presiden Megawati Soekarnoputri memberikan otonomi khusus kepada Papua dengan membentuk Provinsi Papua Barat. Hal ini bertujuan untuk memberikan kebebasan dan kesempatan bagi masyarakat Papua untuk mengelola wilayahnya sendiri.

Kesimpulan

Perjuangan untuk mempertahankan Irian merupakan salah satu kisah heroik dalam sejarah Indonesia. Meskipun banyak pengorbanan yang dilakukan, namun hasilnya sangat memuaskan karena Indonesia berhasil mempertahankan wilayahnya. Saat ini, Papua sedang dalam tahap pembangunan dan otonomi khusus telah diberikan untuk memberikan kebebasan dan kesempatan bagi masyarakat Papua untuk mengelola wilayahnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *