General

Rumus Keliling Segitiga: Cara Mudah Mencari Keliling Segitiga

×

Rumus Keliling Segitiga: Cara Mudah Mencari Keliling Segitiga

Share this article

Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Keliling segitiga adalah jumlah panjang ketiga sisi segitiga tersebut. Mencari keliling segitiga bisa menjadi hal yang sulit jika tidak tahu rumusnya. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara mudah mencari keliling segitiga dengan rumus keliling segitiga.

Apa Itu Rumus Keliling Segitiga?

Rumus keliling segitiga adalah formula matematika yang digunakan untuk menghitung keliling segitiga. Rumus ini sangat penting untuk diketahui karena keliling segitiga sering dibutuhkan dalam berbagai masalah matematika dan ilmu pengetahuan lainnya.

Bagaimana Cara Menghitung Keliling Segitiga?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghitung keliling segitiga, namun yang paling mudah adalah dengan menggunakan rumus keliling segitiga. Rumus keliling segitiga adalah:

Keliling segitiga = a + b + c

Dimana:

  • a, b, dan c adalah panjang sisi-sisi segitiga

Untuk menggunakan rumus ini, kita hanya perlu mengetahui panjang ketiga sisi segitiga dan mengalikan dengan rumus tersebut. Sebagai contoh:

Jika panjang sisi-sisi segitiga adalah 5 cm, 7 cm, dan 9 cm, maka:

Keliling segitiga = 5 cm + 7 cm + 9 cm = 21 cm

Dengan begitu, keliling segitiga tersebut adalah 21 cm.

Contoh Soal Menggunakan Rumus Keliling Segitiga

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, berikut ini adalah contoh soal tentang rumus keliling segitiga:

Sebuah segitiga memiliki panjang sisi-sisi 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Tentukan keliling segitiga!

Untuk menyelesaikan soal ini, kita hanya perlu mengganti nilai a, b, dan c dengan panjang sisi-sisi segitiga tersebut dan menghitung menggunakan rumus keliling segitiga:

Keliling segitiga = a + b + c

Keliling segitiga = 6 cm + 8 cm + 10 cm

Keliling segitiga = 24 cm

Jadi, keliling segitiga tersebut adalah 24 cm.

Cara Mencari Panjang Sisi Segitiga

Selain mencari keliling segitiga, rumus keliling segitiga juga bisa digunakan untuk mencari panjang sisi segitiga. Untuk melakukan hal ini, kita hanya perlu memodifikasi rumus keliling segitiga menjadi:

a = Keliling segitiga – b – c

b = Keliling segitiga – a – c

c = Keliling segitiga – a – b

Jadi, jika kita mengetahui keliling segitiga dan dua sisi, kita bisa mencari sisi yang ketiga dengan menggunakan rumus di atas.

Kesimpulan

Rumus keliling segitiga adalah formula matematika yang digunakan untuk menghitung keliling segitiga. Rumus ini sangat penting untuk diketahui karena keliling segitiga sering dibutuhkan dalam berbagai masalah matematika dan ilmu pengetahuan lainnya. Untuk menghitung keliling segitiga, kita hanya perlu mengetahui panjang ketiga sisi segitiga dan mengalikan dengan rumus tersebut. Selain itu, rumus keliling segitiga juga bisa digunakan untuk mencari panjang sisi segitiga yang tidak diketahui. Dengan memahami rumus keliling segitiga, kita bisa dengan mudah menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan segitiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *