General

Sejarah Adanya Makanan Bakso di Dunia

×

Sejarah Adanya Makanan Bakso di Dunia

Share this article

Makanan bakso adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Bakso adalah bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu yang dibentuk bulat dan dimasak dalam air mendidih. Bakso biasanya disajikan dalam mangkuk sup dengan mie, tahu, dan sayuran. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah adanya makanan bakso di dunia?

Asal Usul Makanan Bakso

Asal usul makanan bakso sebenarnya tidak diketahui secara pasti. Beberapa orang mengatakan bahwa bakso berasal dari Tiongkok, sementara yang lain mengatakan bahwa bakso berasal dari Eropa.

Menurut sejarah, makanan yang mirip dengan bakso pertama kali ditemukan di Tiongkok pada zaman Dinasti Tang (618-907 M). Makanan tersebut disebut “shi’er”, yang berarti “dua belas”. Makanan ini terdiri dari 12 jenis bola daging yang berbeda, termasuk daging sapi, daging babi, dan daging ayam. Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Tiongkok pada saat itu.

Namun, ada juga beberapa sejarawan yang mengatakan bahwa bakso berasal dari Eropa. Makanan yang mirip dengan bakso pertama kali ditemukan di Italia pada abad ke-4. Makanan tersebut disebut “polpetta”, yang berarti “bola daging”. Polpetta terbuat dari daging sapi, roti, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini kemudian menyebar ke seluruh Eropa dan menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Eropa.

Masuknya Bakso ke Indonesia

Bakso pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh para pedagang Tionghoa pada abad ke-17. Pada saat itu, bakso hanya dijual di daerah-daerah yang banyak dihuni oleh masyarakat Tionghoa, seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Namun, pada tahun 1960-an, bakso mulai menjadi makanan yang populer di seluruh Indonesia. Hal ini terjadi karena banyak orang Indonesia yang bekerja di luar negeri dan mencoba bakso di negara tempat mereka bekerja. Ketika mereka kembali ke Indonesia, mereka membawa resep bakso dan mulai membuka warung bakso di seluruh Indonesia.

Beragam Jenis Bakso di Indonesia

Di Indonesia, bakso memiliki banyak jenis dan variasi. Beberapa jenis bakso yang populer di Indonesia antara lain:

  • Bakso sapi
  • Bakso ayam
  • Bakso ikan
  • Bakso udang
  • Bakso bakar
  • Bakso goreng
  • Bakso malang

Bakso sapi adalah jenis bakso yang paling populer di Indonesia. Bakso sapi terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya. Bakso sapi biasanya disajikan dalam mangkuk sup dengan mie, tahu, dan sayuran.

Bakso ayam adalah jenis bakso yang terbuat dari daging ayam yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya. Bakso ayam biasanya disajikan dalam mangkuk sup dengan mie, tahu, dan sayuran.

Bakso ikan adalah jenis bakso yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya. Bakso ikan biasanya disajikan dalam mangkuk sup dengan mie, tahu, dan sayuran.

Bakso udang adalah jenis bakso yang terbuat dari daging udang yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya. Bakso udang biasanya disajikan dalam mangkuk sup dengan mie, tahu, dan sayuran.

Bakso bakar adalah jenis bakso yang dibakar di atas arang dan diberi saus kecap atau saus sambal. Bakso bakar biasanya disajikan dengan nasi dan sayuran.

Bakso goreng adalah jenis bakso yang digoreng dengan tepung dan diberi saus kecap atau saus sambal. Bakso goreng biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai pelengkap makanan utama.

Bakso malang adalah jenis bakso yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Bakso malang terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya. Bakso malang biasanya disajikan dalam mangkuk sup dengan mie, tahu, dan sayuran.

Kesimpulan

Bakso adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Asal usul bakso masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Beberapa orang mengatakan bahwa bakso berasal dari Tiongkok, sementara yang lain mengatakan bahwa bakso berasal dari Eropa. Namun, yang pasti adalah bakso telah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia dan memiliki banyak variasi dan jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *