General

Sejarah Internet Dunia dan Indonesia

×

Sejarah Internet Dunia dan Indonesia

Share this article

Pengenalan

Internet dikenal sebagai jaringan global yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Internet memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan berbagi informasi tanpa batasan waktu dan ruang. Sejarah internet dimulai dari tahun 1960-an ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) mengembangkan jaringan komputer untuk menghubungkan basis militer dan lembaga riset.

Sejarah Internet Dunia

Pada tahun 1969, jaringan komputer pertama, ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), diresmikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD). ARPANET awalnya digunakan oleh lembaga riset dan universitas untuk berbagi sumber daya dan informasi. Pada tahun 1983, ARPANET beralih ke protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang menjadi protokol standar untuk internet.Kemudian, pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web (WWW) dengan menggunakan bahasa markup hypertext (HTML) dan protokol transfer hiperteks (HTTP). Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berbagi informasi melalui halaman web. Kemudian, pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, internet berkembang pesat dengan munculnya layanan email, pencarian web, dan media sosial.

Sejarah Internet Indonesia

Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada tahun 1983 ketika ITB (Institut Teknologi Bandung) memulai penggunaan ARPANET. Pada tahun 1992, PT Telkom mulai menyediakan layanan internet untuk publik, tetapi pada saat itu, internet masih sangat terbatas dan mahal.Pada tahun 1994, Universitas Indonesia (UI) menjadi institusi pertama yang menyediakan akses internet untuk mahasiswa dan dosen. Selanjutnya, pada tahun 1996, pemerintah Indonesia membentuk Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) untuk mengembangkan bahasa Indonesia dalam internet.Kemudian, pada tahun 1997, Indonesia bergabung dengan Asia Pacific Network Information Center (APNIC) sebagai upaya untuk meningkatkan akses internet di Indonesia. Pada tahun 2000, pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2000 tentang Telekomunikasi, yang memberikan dasar hukum bagi pengembangan internet di Indonesia.Sejak itu, internet di Indonesia berkembang pesat dengan adanya perusahaan penyedia layanan internet (ISP) seperti Telkom, Indosat, XL, dan Tri. Internet juga menjadi sarana penting untuk berkomunikasi, belajar, dan bisnis di Indonesia.

Pengaruh Internet terhadap Masyarakat

Internet memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Internet memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi dalam hitungan detik, terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia, dan melakukan bisnis secara online.Namun, internet juga memiliki dampak negatif seperti penyebaran hoaks, kecanduan media sosial, dan cyberbullying. Oleh karena itu, penting bagi pengguna internet untuk menggunakan internet dengan bijak dan bertanggung jawab.

Kesimpulan

Sejarah internet dimulai pada tahun 1960-an ketika ARPANET diresmikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Seiring berjalannya waktu, internet berkembang pesat dan menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Internet memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi, belajar, dan bisnis secara online, tetapi juga memiliki dampak negatif seperti penyebaran hoaks dan kecanduan media sosial. Oleh karena itu, penting bagi pengguna internet untuk menggunakan internet dengan bijak dan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *