General

Sejarah Lahirnya TVRI: Membangun Identitas Bangsa Melalui Televisi

×

Sejarah Lahirnya TVRI: Membangun Identitas Bangsa Melalui Televisi

Share this article

Televisi Republik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan TVRI adalah sebuah stasiun televisi milik pemerintah Indonesia yang berdiri sejak tahun 1962. Dalam sejarahnya, TVRI memiliki peran penting dalam membangun identitas bangsa dan mendukung pembangunan nasional. Berikut ini adalah uraian tentang sejarah lahirnya TVRI.

Pembentukan TVRI

Pada tahun 1959, pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 1959 tentang Penyiaran yang memperbolehkan terbentuknya stasiun televisi. Kemudian pada tanggal 24 Agustus 1962, TVRI resmi diluncurkan oleh Presiden Soekarno di Istana Negara Jakarta. Diluncurkannya TVRI diharapkan dapat menjadi sarana bagi pemerintah untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia.

Pemrograman Awal TVRI

Pada awalnya, TVRI hanya menyiarkan program-program yang bersifat pendidikan dan dokumenter. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap Indonesia pada masyarakat. Beberapa program pendidikan seperti Belajar Bersama, Kelas Pagi, dan Hikayat Negeri ini menjadi program yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Perkembangan TVRI

Seiring perkembangan zaman, TVRI terus mengalami perubahan. Pada tahun 1970-an, TVRI mulai menyiarkan program-program hiburan, seperti drama, musik, dan tari. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat Indonesia. Pada tahun 1980-an, TVRI mulai menyiarkan program olahraga, seperti sepak bola dan bulu tangkis. Program olahraga ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Peran TVRI dalam Sejarah Indonesia

TVRI memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia. Pada tahun 1965, TVRI menjadi saksi bisu dari peristiwa G30S/PKI. TVRI memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat Indonesia tentang apa yang terjadi pada saat itu. Selain itu, TVRI juga menjadi media yang memberikan informasi tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perubahan TVRI di Era Reformasi

Pada era reformasi, TVRI mengalami banyak perubahan. TVRI menjadi stasiun televisi yang lebih terbuka dan independen. TVRI juga mulai menyiarkan program-program yang lebih beragam dan berkualitas. Program-program yang ditayangkan di TVRI lebih banyak bersifat edukatif dan informatif.

Tantangan yang Dihadapi TVRI

Seperti halnya stasiun televisi lain, TVRI juga menghadapi tantangan yang tidak sedikit. Salah satu tantangan yang dihadapi TVRI adalah persaingan dengan stasiun televisi swasta. Stasiun televisi swasta memiliki program-program yang lebih variatif dan menarik, sehingga masyarakat lebih memilih menonton stasiun televisi swasta dibandingkan TVRI.

Visi dan Misi TVRI

Visi TVRI adalah menjadi stasiun televisi terdepan yang berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara. Sedangkan misi TVRI adalah memberikan informasi dan hiburan yang berkualitas, mengedukasi dan membentuk karakter bangsa, serta mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

Kesimpulan

TVRI memiliki peran penting dalam membangun identitas bangsa dan mendukung pembangunan nasional. Sejak didirikan pada tahun 1962, TVRI terus mengalami perubahan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Meskipun menghadapi banyak tantangan, TVRI terus berusaha untuk memberikan program-program yang berkualitas dan mengedukasi masyarakat Indonesia. Dengan visi dan misinya yang jelas, TVRI diharapkan dapat terus menjadi stasiun televisi terdepan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *