General

Sumber Bahan dan Sistem Perdagangan: Menjaga Kelangsungan Hidup Bangsa

×

Sumber Bahan dan Sistem Perdagangan: Menjaga Kelangsungan Hidup Bangsa

Share this article

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Berbagai bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa tersedia di Indonesia. Mulai dari hasil bumi seperti padi, kopi, cengkeh, sawit, hingga hasil tambang seperti batubara, emas, nikel, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana cara kita menjaga kelangsungan hidup bangsa dengan sumber bahan dan sistem perdagangan yang ada?

Sumber Bahan dan Ketergantungan Ekspor

Indonesia memiliki ketergantungan ekspor yang sangat tinggi. Salah satu sektor ekspor yang paling besar adalah sektor pertambangan. Ekspor hasil tambang Indonesia seperti batubara dan nikel menjadi andalan Indonesia. Namun, ketergantungan terhadap sektor ekspor yang satu ini membuat Indonesia sangat rentan terhadap fluktuasi harga komoditas global. Selain itu, sektor ekspor yang satu ini juga tidak berkelanjutan dan tidak ramah lingkungan.

Selain sektor pertambangan, Indonesia juga mengandalkan sektor perkebunan. Sebagian besar hasil perkebunan Indonesia seperti kopi, teh, dan cokelat diekspor ke negara-negara lain. Namun, seperti halnya sektor pertambangan, sektor perkebunan juga memiliki masalah yang sama yaitu tidak berkelanjutan dan tidak ramah lingkungan.

Sistem Perdagangan dan Dampaknya pada Petani dan Masyarakat

Sistem perdagangan Indonesia juga memiliki masalah yang serupa dengan sektor pertambangan dan perkebunan. Petani dan masyarakat yang berada di luar wilayah perdagangan terkesan tidak mendapatkan manfaat dari sistem perdagangan yang ada. Mereka seringkali tidak memiliki akses ke pasar atau harga yang diberikan kepada mereka jauh di bawah harga pasar.

Hal ini sangat berdampak pada kesejahteraan petani dan masyarakat yang tergantung pada sektor pertanian. Mereka seringkali hidup di bawah garis kemiskinan dan tidak memiliki akses ke layanan publik seperti pendidikan dan kesehatan.

Solusi untuk Menjaga Kelangsungan Hidup Bangsa

Untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa, kita perlu menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang ada. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi ketergantungan terhadap sektor ekspor yang tidak berkelanjutan dan tidak ramah lingkungan. Kita bisa membangun sektor ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan seperti sektor pariwisata dan sektor perikanan.

Selain itu, kita juga perlu memperbaiki sistem perdagangan yang ada. Kita perlu memastikan bahwa petani dan masyarakat yang berada di luar wilayah perdagangan juga mendapatkan manfaat dari sistem perdagangan yang ada. Kita perlu memperbaiki akses ke pasar dan memastikan bahwa harga yang diberikan kepada mereka sesuai dengan harga pasar.

Kesimpulan

Sumber bahan dan sistem perdagangan merupakan dua hal yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa. Kita perlu mengurangi ketergantungan terhadap sektor ekspor yang tidak berkelanjutan dan tidak ramah lingkungan dan membangun sektor ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Selain itu, kita juga perlu memperbaiki sistem perdagangan yang ada sehingga petani dan masyarakat juga mendapatkan manfaat dari sistem perdagangan yang ada. Dengan cara ini, kita bisa menjaga kelangsungan hidup bangsa dan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *