General

Tempat Wisata Keluarga Jogja yang Wajib Dikunjungi

×

Tempat Wisata Keluarga Jogja yang Wajib Dikunjungi

Share this article

Jogja adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Jogja juga memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang sangat menarik untuk dipelajari. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata keluarga Jogja yang wajib dikunjungi.

Taman Sari

Taman Sari adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di pusat Kota Jogja. Kompleks ini dulunya merupakan tempat peristirahatan dan tempat mandi bagi keluarga Keraton Yogyakarta. Di dalam kompleks ini terdapat banyak kolam, bangunan-bangunan bersejarah, dan juga terowongan bawah tanah yang menarik untuk dijelajahi. Taman Sari juga menjadi salah satu lokasi syuting film dan sinetron Indonesia yang terkenal.

Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah salah satu tempat wisata keluarga Jogja yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Dari sini, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Jogja yang indah dengan latar belakang Gunung Merapi yang megah. Selain itu, Bukit Bintang juga menawarkan berbagai fasilitas seperti tempat bermain anak dan juga area piknik yang cocok untuk keluarga.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah museum yang terletak di sekitar kawasan wisata Kaliurang. Museum ini menyimpan berbagai koleksi seni dan budaya Jawa yang sangat berharga. Selain itu, museum ini juga menawarkan banyak informasi tentang sejarah dan budaya Jawa yang menarik untuk dipelajari. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan museum yang sangat khas Jawa.

Taman Pintar

Taman Pintar adalah sebuah taman rekreasi yang sangat cocok untuk keluarga. Di dalam taman ini terdapat banyak wahana permainan edukatif yang dapat membantu anak-anak belajar sambil bermain. Selain itu, Taman Pintar juga menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti planetarium, bioskop 4D, dan juga laboratorium sains.

Malioboro

Malioboro adalah sebuah jalan di pusat Kota Jogja yang terkenal dengan keramaian dan keindahan pusat perbelanjaannya. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai produk kerajinan tangan Jogja yang sangat khas dan menarik. Selain itu, di sepanjang jalan Malioboro juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang menggoda selera.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah sebuah istana yang dulunya menjadi tempat tinggal para raja dan ratu Kerajaan Yogyakarta. Di dalam istana ini terdapat banyak bangunan bersejarah yang sangat menarik untuk dijelajahi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pertunjukan seni budaya Jawa yang diadakan di dalam kompleks istana.

Bukit Indah

Bukit Indah adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di sekitar kawasan Gunung Kidul. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau seperti pantai, tebing karang, dan juga bukit-bukit hijau yang indah. Selain itu, Bukit Indah juga menawarkan berbagai fasilitas seperti tempat bermain anak dan juga area piknik yang cocok untuk keluarga.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di sekitar Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meskipun bukan berada di wilayah Jogja, tempat wisata ini sangat populer dan mudah dijangkau dari Jogja. Di dalam kompleks candi ini terdapat banyak relief dan arsitektur yang sangat indah dan menarik untuk dipelajari. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar candi yang sangat memukau.

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan adalah sebuah kampung yang terletak di Solo, Jawa Tengah. Meskipun bukan berada di wilayah Jogja, tempat wisata ini sangat populer dan mudah dijangkau dari Jogja. Di dalam kampung ini terdapat banyak pengrajin batik yang masih mempertahankan tradisi batik Jawa yang khas. Pengunjung dapat belajar cara membuat batik dan juga membeli berbagai produk batik yang unik dan menarik.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah sebuah pantai yang terletak di sekitar Gunung Kidul. Pantai ini sangat populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dan juga keindahan sunset. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas pantai seperti ikan bakar dan juga kelapa muda.

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah sebuah candi Hindu yang terletak di sekitar Klaten, Jawa Tengah. Meskipun bukan berada di wilayah Jogja, tempat wisata ini sangat populer dan mudah dijangkau dari Jogja. Di dalam kompleks candi ini terdapat banyak arsitektur dan relief yang sangat indah dan menarik untuk dipelajari. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar candi yang sangat memukau.

Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah kawah vulkanik yang terletak di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Meskipun bukan berada di wilayah Jogja, tempat wisata ini sangat populer dan mudah dijangkau dari Jogja. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau seperti kawah vulkanik dan juga blue fire. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang proses erupsi vulkanik yang sangat menarik.

Candi Mendut

Candi Mendut adalah sebuah candi Buddha yang terletak di sekitar Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meskipun bukan berada di wilayah Jogja, tempat wisata ini sangat populer dan mudah dijangkau dari Jogja. Di dalam kompleks candi ini terdapat banyak arsitektur dan relief yang sangat indah dan menarik untuk dipelajari. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar candi yang sangat memukau.

Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah sebuah gua yang terletak di sekitar kawasan Gunung Kidul. Di dalam gua ini terdapat sebuah lubang besar di atap gua yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam gua. Hal ini menciptakan efek yang sangat indah dan menakjubkan di dalam gua. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar gua yang sangat memukau.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng peninggalan Belanda yang terletak di pusat Kota Jogja. Di dalam benteng ini terdapat banyak bangunan bersejarah dan juga museum yang menarik untuk dipelajari. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai pertunjukan seni budaya Jawa yang diadakan di dalam kompleks benteng.

Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah sebuah tebing batu kapur yang terletak di sekitar kawasan Prambanan. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat indah dengan latar belakang Candi Prambanan yang megah. Selain itu, di sekitar tebing juga terdapat banyak pengrajin batik dan juga kuliner khas Jogja yang dapat dinikmati.

Puncak Becici

Puncak Becici adalah sebuah bukit yang terletak di sekitar kawasan Gunungkidul. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau seperti pantai dan juga bukit-bukit hijau yang indah. Selain itu, di sekitar Puncak Becici juga terdapat banyak pengrajin kerajinan tangan dan juga kuliner khas Jogja yang dapat dinikmati.

Tebing Gunungkidul

Tebing Gunungkidul adalah sebuah tebing batu kapur yang terletak di sekitar kawasan Gunungkidul. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau seperti pantai, tebing karang, dan juga bukit-bukit hijau yang indah. Selain itu, di sekitar Tebing Gunungkidul juga terdapat banyak pengrajin kerajinan tangan dan juga kuliner khas Jogja yang dapat dinikmati.

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul adalah sebuah alun-alun yang terletak di pusat Kota Jogja. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas menarik seperti naik delman, bermain layang-layang, dan juga memancing ikan. Selain itu, di sekitar Alun-Alun Kidul juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang menggoda selera.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah sebuah jalan di pusat Kota Jogja yang terkenal dengan keramaian dan keindahan pusat perbelanjaannya. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai produk kerajinan tangan Jogja yang sangat khas dan menarik. Selain itu, di sepanjang jalan Malioboro juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang menggoda selera.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung adalah sebuah bukit yang terletak di sekitar kawasan Gunungkidul. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau seperti bukit-bukit hijau yang indah dan juga lembah-lembah yang hijau. Selain itu, di sekitar Bukit Panguk Kediwung juga terdapat banyak pengrajin kerajinan tangan dan juga kuliner khas Jogja yang dapat dinikmati.

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali adalah sebuah monumen yang terletak di pusat Kota Jogja. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Di dalam kompleks monumen ini terdapat banyak bangunan bersejarah dan juga museum yang menarik untuk dipelajari.

Waduk Sermo

Waduk Sermo adalah sebuah waduk yang terletak di sekitar kawasan Gunungkidul. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau seperti waduk yang hijau dan juga bukit-bukit hijau yang indah. Selain itu, di sekitar Waduk Sermo juga terdapat banyak pengrajin kerajinan tangan dan juga kuliner khas Jogja yang dapat dinikmati.

Pantai Timang

Pantai Timang adalah sebuah pantai yang terletak di sekitar Gunung Kidul. Pantai ini sangat populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dan juga keindahan terowongan gantung yang sangat menarik. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas pantai seperti ikan bakar dan juga kelapa muda.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam renang alami yang terletak di sekitar Klaten. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau seperti kolam renang yang hijau dan juga bukit-bukit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *