General

Teori Meluas dan Berkembangnya

×

Teori Meluas dan Berkembangnya

Share this article

Teori meluas dan berkembangnya adalah teori yang menjelaskan bagaimana suatu konsep atau ide dapat menyebar dan berkembang di masyarakat. Teori ini sangat penting untuk dipahami dalam dunia pemasaran, sosial, dan politik. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang teori meluas dan berkembangnya serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengenalan

Pada dasarnya, teori meluas dan berkembangnya mengacu pada bagaimana suatu pesan, produk, atau ide dapat menyebar dari satu individu ke individu lainnya. Teori ini memiliki dasar pada komunikasi massa dan psikologi sosial. Konsep ini pertama kali dikemukakan oleh George Gerbner pada tahun 1967 sebagai bagian dari teori komunikasi massa.

Teori meluas dan berkembangnya didasarkan pada dua faktor utama: komunikasi interpersonal dan komunikasi massa. Komunikasi interpersonal terjadi ketika pesan atau ide disampaikan dari satu individu ke individu lainnya secara langsung. Sedangkan, komunikasi massa terjadi ketika pesan atau ide disampaikan melalui media massa seperti televisi, radio, atau internet.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Meluas dan Berkembangnya

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi meluas dan berkembangnya suatu pesan atau ide. Faktor-faktor ini termasuk:

1. Karakteristik Pesan atau Ide

Karakteristik pesan atau ide dapat mempengaruhi seberapa cepat atau lambat suatu pesan atau ide menyebar. Sebuah pesan atau ide yang kontroversial, menarik, atau unik cenderung menyebar lebih cepat daripada pesan atau ide yang membosankan atau biasa-biasa saja.

2. Karakteristik Individu

Karakteristik individu seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan latar belakang sosial dapat mempengaruhi seberapa mungkin individu tersebut akan menerima suatu pesan atau ide. Misalnya, individu yang lebih muda cenderung lebih terbuka terhadap ide baru daripada individu yang lebih tua.

3. Karakteristik Lingkungan

Karakteristik lingkungan seperti budaya, agama, dan nilai-nilai sosial juga dapat mempengaruhi seberapa cepat atau lambat suatu pesan atau ide menyebar. Di beberapa negara, ide-ide liberal cenderung lebih sulit untuk menyebar daripada di negara-negara yang lebih liberal.

Model Meluas dan Berkembangnya

Ada beberapa model meluas dan berkembangnya yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana suatu pesan atau ide menyebar di masyarakat. Beberapa model ini termasuk:

1. Model Diffusi Inovasi

Model ini menggambarkan bagaimana suatu produk atau inovasi baru menyebar di masyarakat. Model ini mencakup lima tahapan: pengetahuan, persetujuan, penerapan, konfirmasi, dan penggunaan. Model ini juga mengidentifikasi lima kelompok konsumen: inovator, pengadopsi awal, mayoritas awal, mayoritas lambat, dan pengadopsi terlambat.

2. Model Penyebaran Virus

Model ini menggambarkan bagaimana suatu virus atau penyakit menyebar di masyarakat. Model ini mencakup tiga tahapan: infeksi, replikasi, dan penyebaran. Model ini juga mengidentifikasi empat kelompok individu: rentan, terinfeksi, imun, dan pemulihan.

3. Model Penyebaran Gagasan

Model ini menggambarkan bagaimana suatu gagasan atau ide menyebar di masyarakat. Model ini mencakup tiga tahapan: pembentukan, penyebaran, dan penerimaan. Model ini juga mengidentifikasi tiga kelompok individu: inisiator, pengikut, dan kritikus.

Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Teori meluas dan berkembangnya memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh aplikasinya termasuk:

1. Pemasaran

Dalam dunia pemasaran, teori meluas dan berkembangnya digunakan untuk mengidentifikasi cara terbaik untuk mempromosikan produk dan jasa. Pemasar menggunakan model meluas dan berkembangnya untuk memahami bagaimana suatu produk atau jasa dapat menyebar di masyarakat dan mencapai target pasar.

2. Sosial

Dalam dunia sosial, teori meluas dan berkembangnya digunakan untuk memahami bagaimana suatu ide atau gagasan dapat menyebar di masyarakat dan mempengaruhi perilaku sosial. Teori ini berguna untuk memahami bagaimana suatu kampanye sosial atau gerakan sosial dapat menyebar dan mempengaruhi opini publik.

3. Politik

Dalam dunia politik, teori meluas dan berkembangnya digunakan untuk memahami bagaimana suatu pesan politik dapat menyebar dan mempengaruhi pemilih. Teori ini berguna untuk memahami bagaimana suatu kampanye politik dapat menyebar dan mempengaruhi opini publik.

Kesimpulan

Teori meluas dan berkembangnya adalah teori yang sangat penting dalam dunia pemasaran, sosial, dan politik. Teori ini memungkinkan kita untuk memahami bagaimana suatu pesan, produk, atau ide dapat menyebar dan berkembang di masyarakat. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi meluas dan berkembangnya, kita dapat menciptakan strategi yang efektif untuk mempromosikan produk, mempengaruhi opini publik, dan mempengaruhi perilaku sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *