General

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri: Menikmati Keindahan Alam yang Menyejukkan

×

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri: Menikmati Keindahan Alam yang Menyejukkan

Share this article

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus menyejukkan pikiran. Berada di ketinggian 301 meter di atas permukaan laut, waduk ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan keindahan alam yang masih terjaga dengan baik.

Sejarah Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur dibangun pada tahun 1979 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982. Proyek pembangunan waduk ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi di wilayah Wonogiri dan sekitarnya. Nama Gajah Mungkur sendiri berasal dari nama hewan gajah yang ditemukan di daerah tersebut pada saat pembangunan waduk.

Keindahan Alam Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur memiliki luas 7.000 hektar dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan perkebunan sawit yang menghijau. Di sekitar waduk, terdapat juga hutan yang masih asri dan aliran sungai yang mengalir dengan tenang. Di tempat ini, Anda dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit yang ada di sekitar waduk.

Wisata Air di Waduk Gajah Mungkur

Di samping menikmati keindahan alam, Anda juga dapat menikmati berbagai kegiatan wisata air di Waduk Gajah Mungkur. Beberapa kegiatan wisata air yang bisa Anda lakukan adalah berenang, berperahu, memancing, dan menyusuri sungai menggunakan perahu karet. Aktivitas-aktivitas tersebut akan membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Wisata Budaya di Sekitar Waduk Gajah Mungkur

Selain wisata alam, di sekitar Waduk Gajah Mungkur juga terdapat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat melihat upacara adat yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat, seperti upacara Sedekah Bumi dan upacara Tradisi Ngalap Berkah. Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti Makam Panembahan Senopati dan Candi Sukuh yang terletak di lereng Gunung Lawu.

Transportasi Menuju Waduk Gajah Mungkur

Untuk menuju ke Waduk Gajah Mungkur, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus dari terminal Wonogiri menuju ke arah Giriwoyo dan turun di pertigaan Tirtomoyo. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi menuju ke Waduk Gajah Mungkur.

Akomodasi di Sekitar Waduk Gajah Mungkur

Di sekitar Waduk Gajah Mungkur, terdapat beberapa penginapan dan homestay yang dapat Anda pilih untuk menginap. Beberapa penginapan tersebut antara lain Pondok Wisata Gajah Mungkur, Wisma Gajah Mungkur, dan Homestay Gajah Mungkur. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk berkemah di area camping yang tersedia di sekitar waduk.

Harga Tiket Masuk Waduk Gajah Mungkur

Harga tiket masuk Waduk Gajah Mungkur sangat terjangkau. Untuk masuk ke area waduk, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Namun, jika Anda ingin melakukan kegiatan wisata air seperti berenang atau berperahu, Anda perlu membayar tambahan biaya.

Kesimpulan

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri merupakan destinasi wisata yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus menyejukkan pikiran. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam, melakukan berbagai kegiatan wisata air, dan menikmati wisata budaya yang menarik. Selain itu, harga tiket masuk yang terjangkau dan banyaknya pilihan akomodasi juga membuat liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *