General

10 Pengertian Metode Inkuiri Menurut Para Ahli Lengkap

×

10 Pengertian Metode Inkuiri Menurut Para Ahli Lengkap

Share this article

Metode inkuiri adalah salah satu metode pembelajaran yang berfokus pada penemuan pengetahuan melalui tanya jawab dan eksperimen. Metode ini telah diterapkan di banyak sekolah dan universitas di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian metode inkuiri menurut para ahli lengkap.

1. John Dewey

Menurut John Dewey, metode inkuiri adalah proses menemukan pengetahuan melalui penelitian dan eksperimen. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.

2. Jerome Bruner

Jerome Bruner mengemukakan bahwa metode inkuiri adalah proses mental yang digunakan untuk memahami dan memecahkan masalah. Metode ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

3. Carl Rogers

Menurut Carl Rogers, metode inkuiri adalah proses belajar yang dipandu oleh pemikiran kritis dan refleksi diri. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih terbuka dan tidak terarah.

4. Lev Vygotsky

Lev Vygotsky mengemukakan bahwa metode inkuiri adalah proses belajar sosial yang melibatkan interaksi antara siswa dan guru. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih berinteraksi dan berkolaborasi.

5. Jean Piaget

Menurut Jean Piaget, metode inkuiri adalah proses belajar yang memungkinkan siswa untuk memahami dan memecahkan masalah melalui pengamatan dan eksperimen. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih aktif dan terlibat.

6. Robert Karplus

Robert Karplus mengemukakan bahwa metode inkuiri adalah proses belajar yang memungkinkan siswa untuk memecahkan masalah dengan menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih terstruktur dan sistematis.

7. Richard Feynman

Menurut Richard Feynman, metode inkuiri adalah proses belajar yang melibatkan eksperimen dan observasi. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.

8. David Kolb

David Kolb mengemukakan bahwa metode inkuiri adalah proses belajar yang melibatkan refleksi dan pengalaman. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih terlibat dan reflektif.

9. Seymour Papert

Seymour Papert mengemukakan bahwa metode inkuiri adalah proses belajar yang melibatkan konstruksi pengetahuan melalui pengalaman dan eksperimen. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif.

10. Paulo Freire

Menurut Paulo Freire, metode inkuiri adalah proses belajar yang memungkinkan siswa untuk menjadi lebih mandiri dan kritis dalam memahami dunia sekitar mereka. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih partisipatif dan demokratis.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas pengertian metode inkuiri menurut para ahli lengkap. Metode inkuiri adalah salah satu metode pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih aktif, terlibat, dan terarah. Dengan menggunakan metode ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *