General

Sistem Pencernaan Manusia: Fungsi, Bagian, dan Prosesnya

×

Sistem Pencernaan Manusia: Fungsi, Bagian, dan Prosesnya

Share this article

Sistem pencernaan manusia adalah salah satu sistem tubuh yang bertugas untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dalam sistem pencernaan, makanan diubah menjadi zat-zat yang dapat diserap oleh tubuh, seperti nutrisi, vitamin, dan mineral. Sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa bagian dan proses yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut penjelasan lengkap mengenai sistem pencernaan manusia.

Fungsi Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

  • Memproses makanan menjadi zat-zat yang dapat diserap oleh tubuh
  • Mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh
  • Menjaga keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh
  • Menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh

Proses pencernaan dimulai sejak makanan masuk ke dalam mulut dan berakhir saat sisa-sisa makanan dikeluarkan melalui anus.

Bagian Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  1. Mulut
  2. Kerongkongan
  3. Lambung
  4. Usus halus
  5. Usus besar
  6. Rektum
  7. Anus

Mulut merupakan bagian awal dari sistem pencernaan manusia. Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi lebih kecil sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Lidah berfungsi untuk membantu menggerakkan makanan ke arah tenggorokan. Kelenjar ludah berfungsi untuk menghasilkan ludah yang berguna untuk membantu proses pencernaan.

Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Di dalam kerongkongan terdapat otot yang membantu mendorong makanan ke arah lambung.

Lambung merupakan organ berbentuk kantung yang berfungsi untuk menghancurkan makanan dengan asam lambung dan enzim pencernaan. Di dalam lambung, makanan diaduk dengan asam lambung dan enzim pencernaan hingga menjadi cairan yang disebut chyme.

Usus halus adalah organ yang paling panjang pada sistem pencernaan manusia. Di dalam usus halus terdapat villus dan mikrovillus yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan. Nutrisi yang diserap akan masuk ke dalam aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh.

Usus besar merupakan organ yang berfungsi untuk menyerap air dan elektrolit dari sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Di dalam usus besar terdapat bakteri yang membantu proses pencernaan dan membentuk feses.

Rektum adalah bagian terakhir dari usus besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan feses sebelum dikeluarkan melalui anus.

Proses Pencernaan

Proses pencernaan terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  1. Ingesti
  2. Pengunyahan
  3. Pencampuran
  4. Pencernaan kimiawi
  5. Penyerapan
  6. Defekasi

Proses ingest terjadi saat makanan masuk ke dalam mulut. Di dalam mulut, makanan dipecah menjadi bagian yang lebih kecil dengan bantuan gigi dan air liur.

Pengunyahan adalah proses mengunyah makanan sehingga menjadi lebih kecil dan mudah dicerna oleh tubuh. Di dalam mulut terdapat gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi lebih kecil.

Pencampuran adalah proses pencampuran makanan dengan air liur dan enzim pencernaan di dalam lambung. Di dalam lambung, makanan diaduk dengan asam lambung dan enzim pencernaan hingga menjadi cairan yang disebut chyme.

Pencernaan kimiawi adalah proses penguraian makanan menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan bantuan enzim pencernaan. Enzim pencernaan dihasilkan oleh kelenjar pencernaan di dalam tubuh, seperti kelenjar ludah dan pankreas. Nutrisi yang diserap akan masuk ke dalam aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh.

Penyerapan adalah proses penyerapan nutrisi dari makanan oleh usus halus. Di dalam usus halus terdapat villus dan mikrovillus yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan.

Defekasi adalah proses pengeluaran sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh melalui anus.

Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia dapat mengalami berbagai macam gangguan dan penyakit, seperti:

  • Gastritis
  • Maag
  • GERD
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Penyakit Crohn
  • Colitis ulseratif
  • Kanker usus besar

Untuk mencegah terjadinya penyakit pada sistem pencernaan manusia, sebaiknya menjaga pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang berlebihan dan hindari mengonsumsi makanan yang dapat merusak sistem pencernaan, seperti makanan yang berlemak dan pedas.

Kesimpulan

Sistem pencernaan manusia merupakan sistem tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa bagian dan proses yang penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia, sebaiknya menjaga pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *