General

2 Cara Pengangkatan Khulafaur Rasyidin

×

2 Cara Pengangkatan Khulafaur Rasyidin

Share this article

Dalam sejarah Islam, Khulafaur Rasyidin adalah empat khalifah pertama yang memerintah setelah wafatnya Nabi Muhammad. Mereka adalah Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali. Pengangkatan mereka sebagai khalifah memiliki dua cara yang berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai 2 cara pengangkatan Khulafaur Rasyidin.

1. Pengangkatan Abu Bakar dan Umar

Pada masa hidup Nabi Muhammad, beliau telah menunjuk Abu Bakar sebagai penggantinya saat beliau wafat. Hal ini terjadi pada saat Nabi Muhammad berada di Madinah, tepatnya di tempat yang disebut Ghadir Khum. Nabi Muhammad bersabda kepada para sahabatnya, “Barangsiapa yang aku jadikan pemimpin (amir) atas dirinya, maka Abu Bakar pun jadilah pemimpin atas dirinya”.

Setelah Nabi Muhammad wafat, para sahabat berkumpul di sebuah tempat yang disebut Saqifah Bani Sa’idah untuk memilih pengganti Nabi Muhammad. Abu Bakar dan Umar menjadi kandidat yang kuat untuk menjadi khalifah. Setelah perdebatan yang panjang, akhirnya para sahabat sepakat untuk memilih Abu Bakar sebagai khalifah pertama.

Abu Bakar memerintah selama kurang lebih dua tahun, dan setelah ia wafat, Umar dipilih sebagai khalifah kedua. Umar memerintah selama kurang lebih sepuluh tahun, dan pada akhirnya ia dibunuh oleh seorang budak yang merasa tidak senang dengan kebijakan Umar.

2. Pengangkatan Utsman dan Ali

Setelah Umar wafat, para sahabat kembali berkumpul untuk memilih khalifah baru. Kali ini, kandidat yang kuat adalah Utsman dan Ali. Setelah perdebatan yang panjang, akhirnya para sahabat sepakat untuk memilih Utsman sebagai khalifah ketiga.

Utsman memerintah selama kurang lebih dua belas tahun, dan pada akhirnya ia dibunuh oleh sekelompok orang yang tidak setuju dengan kebijakannya. Setelah Utsman wafat, para sahabat kembali berkumpul untuk memilih khalifah baru. Kali ini, kandidat yang kuat adalah Ali dan Muawiyah.

Setelah perdebatan yang panjang, akhirnya para sahabat sepakat untuk memilih Ali sebagai khalifah keempat. Namun, tidak semua sahabat sepakat dengan keputusan ini, dan terjadi perpecahan di antara umat Islam. Perpecahan ini kemudian menjadi awal mula terbentuknya kelompok-kelompok yang berbeda dalam Islam.

Kesimpulan

Dalam sejarah Islam, Khulafaur Rasyidin adalah empat khalifah pertama yang memerintah setelah wafatnya Nabi Muhammad. Pengangkatan mereka sebagai khalifah memiliki dua cara yang berbeda. Abu Bakar dan Umar dipilih oleh para sahabat setelah perdebatan yang panjang, sementara Utsman dan Ali dipilih setelah khalifah sebelumnya wafat.

Meskipun cara pengangkatan Khulafaur Rasyidin berbeda, namun mereka semua memiliki kesamaan dalam memimpin umat Islam dengan adil dan bijaksana. Mereka menjadi panutan bagi umat Islam hingga saat ini dan menjadi inspirasi bagi kita untuk memperjuangkan kebaikan dalam hidup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *