General

20 Pantun Minang Lamo Klasik Terbaik

×

20 Pantun Minang Lamo Klasik Terbaik

Share this article

Pantun merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia yang banyak dikenal oleh masyarakat. Di Minangkabau, pantun menjadi salah satu bagian penting dari adat dan budaya. Pantun sendiri merupakan puisi yang terdiri dari dua baris yang berima, dan biasanya berisi pesan moral atau humor. Di dalam artikel ini, kami akan membahas 20 pantun minang lamo klasik terbaik yang dapat menghibur dan memberikan inspirasi bagi pembacanya.

1. “Baju kurung bungo nan rancak, jangan dipakaian nan lama, sesungguhnya hati yang bersih, akan menjadikan diri berseri-seri”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga penampilan dan memperbaharui diri, namun tetap menjaga hati dan pikiran yang bersih agar mendapatkan keceriaan dan kebahagiaan dalam hidup.

2. “Gajah di hutan tumbang, badannya besar berisi daging, begitu orang yang membual, dalam dirinya kosong tiada isi”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya jujur dan tidak berbohong. Orang yang suka membual dan berbohong sebenarnya tidak memiliki isi dan kebenaran dalam dirinya.

3. “Makanlah nasi dengan lauk, janganlah lupa berzikir, jagalah hati yang bersih, agar hidup menjadi lebih bahagia”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati yang bersih dan selalu berzikir kepada Tuhan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

4. “Janganlah kamu sombong dan bangga, karena semua milik Tuhan, jagalah diri dari perbuatan jahat, agar hidupmu penuh kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya tidak sombong dan selalu bersikap rendah hati. Hal ini akan membantu kita menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik serta membuat hidup kita lebih bahagia.

5. “Bunga melati wangi harum, bagaikan hati yang bersih suci, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati yang bersih dan suci, sehingga hidup kita akan selalu penuh dengan kebahagiaan dan ketenangan.

6. “Orang bijak selalu berfikir, sebelum melakukan suatu perbuatan, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya berfikir terlebih dahulu sebelum melakukan suatu perbuatan, dan menjaga hati agar selalu tenang untuk mendapatkan hidup yang bahagia.

7. “Ketupat di dalam daun pandan, bagaikan hati yang bersih suci, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati yang bersih dan suci, serta selalu berada dalam ketenangan dan kedamaian untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

8. “Gelas kosong tidak bisa diminum, begitu juga dengan hati yang kosong, jagalah hati agar selalu penuh, hidupmu akan menjadi lebih bahagia”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu penuh dengan kebaikan dan kebahagiaan, sehingga hidup kita akan menjadi lebih bahagia.

9. “Buah kakao di atas pohon, bagaikan hati yang bersih suci, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu bersih dan suci, serta selalu berada dalam ketenangan dan kedamaian untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

10. “Sudah jatuh tertimpa tangga, hati yang malu tak akan terhenti, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu tenang dan tidak terhenti oleh kejadian yang memalukan, sehingga kita dapat hidup dengan bahagia.

11. “Kalau sudah terlanjur bicara, susah dicabut kata-kata, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu tenang dan tidak terburu-buru dalam berbicara, sehingga kita dapat hidup dengan bahagia dan tidak menyesal di kemudian hari.

12. “Hujan turun di pagi hari, bagaikan hati yang bersih suci, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu bersih dan suci seperti hujan yang turun di pagi hari, serta selalu berada dalam ketenangan dan kedamaian untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

13. “Janganlah kamu merasa bangga, karena semua milik Tuhan, jagalah diri dari perbuatan jahat, agar hidupmu penuh kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya tidak sombong dan selalu bersikap rendah hati, serta menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik untuk mendapatkan hidup yang bahagia.

14. “Jangan suka mempermainkan hati, karena hati adalah milik Tuhan, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu tenang dan tidak mempermainkan hati orang lain, sehingga kita dapat hidup dengan bahagia dan damai.

15. “Janganlah kamu terlalu berlebihan, dalam segala hal yang kamu lakukan, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga keseimbangan dalam hidup dan tidak berlebihan dalam segala hal yang kita lakukan, serta menjaga hati agar selalu tenang untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

16. “Kain tenun di atas jemuran, bagaikan hati yang bersih suci, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu bersih dan suci seperti kain tenun yang dijemur, serta selalu berada dalam ketenangan dan kedamaian untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

17. “Janganlah kamu terlalu tamak, karena semua milik Tuhan, jagalah diri dari perbuatan jahat, agar hidupmu penuh kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya tidak tamak dan selalu bersyukur dalam hidup, serta menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik untuk mendapatkan hidup yang bahagia.

18. “Sudah jatuh tertimpa tangga, hati yang malu tak akan terhenti, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu tenang dan tidak terhenti oleh kejadian yang memalukan, sehingga kita dapat hidup dengan bahagia.

19. “Janganlah kamu suka berdusta, karena kebenaran adalah milik Tuhan, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya jujur dan tidak berbohong dalam hidup, serta menjaga hati agar selalu tenang untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

20. “Kuda putih melompat tinggi, hati yang bersih suci, jagalah hati agar selalu tenang, hidupmu penuh dengan kebahagiaan”

Pantun ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga hati agar selalu bersih dan suci seperti kuda putih yang melompat tinggi, serta selalu berada dalam ketenangan dan kedamaian untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

Kesimpulan

20 pantun minang lamo klasik terbaik di atas merupakan pantun-pantun yang sarat dengan nilai-nilai moral dan kehidupan yang dapat memberikan inspirasi dan kebahagiaan bagi pembacanya. Penting bagi kita untuk senantiasa menjaga hati agar selalu bersih dan suci, serta selalu berada dalam ketenangan dan kedamaian untuk mendapatkan hidup yang bahagia dan penuh dengan kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *