General

3 Sahara dan 2 Golongan Penduduk Jazirah Arab

×

3 Sahara dan 2 Golongan Penduduk Jazirah Arab

Share this article

1. Sahara Utara

Sahara Utara merupakan gurun pasir terbesar di dunia dan terletak di sebelah utara Afrika. Gurun ini memiliki luas sekitar 8,6 juta kilometer persegi. Meskipun gurun ini sangat sulit untuk dihuni, tetapi terdapat beberapa kelompok penduduk yang tinggal di daerah ini. Kelompok pertama adalah orang Berber, yang merupakan penduduk asli Sahara Utara. Mereka hidup sebagai penggembala atau petani kecil dan hidup dalam kelompok-kelompok kecil di wilayah gurun. Kelompok kedua adalah Tuareg, yang hidup sebagai nomaden dan menjelajahi wilayah gurun dengan menggunakan unta.

2. Sahara Tengah

Sahara Tengah terletak di antara Sahara Utara dan Sahara Selatan. Wilayah ini memiliki beberapa oasis dan sungai kecil yang memberikan sumber air bagi penduduk setempat. Salah satu kelompok penduduk di wilayah ini adalah bangsa Arab, yang hidup sebagai peternak atau petani kecil dan tinggal di desa-desa kecil di sepanjang wilayah oasis. Kelompok kedua adalah bangsa Touareg, yang hidup sebagai nomaden dan menjelajahi wilayah gurun dengan menggunakan unta.

3. Sahara Selatan

Sahara Selatan terletak di sebelah selatan Sahara Tengah dan merupakan daerah yang sangat keras dan sulit untuk dihuni. Meskipun demikian, terdapat beberapa kelompok penduduk yang berhasil bertahan hidup di wilayah ini. Kelompok pertama adalah bangsa Fulani, yang hidup sebagai peternak dan tinggal di wilayah yang lebih hijau di sekitar gurun. Kelompok kedua adalah bangsa Tuareg, yang hidup sebagai nomaden dan menjelajahi wilayah gurun dengan menggunakan unta.

Kesimpulan

Wilayah Sahara dan Jazirah Arab memiliki beragam kelompok penduduk yang hidup di dalamnya. Meskipun kondisi lingkungan yang keras dan sulit dibuat untuk dihuni, namun beberapa kelompok penduduk berhasil bertahan hidup dan menjalankan kehidupan dengan cara mereka sendiri. Dari tiga wilayah Sahara, setiap wilayah memiliki kelompok penduduk yang berbeda-beda. Begitu pula dengan Jazirah Arab, terdapat dua kelompok penduduk yang berbeda. Dalam menjalankan kehidupan, kelompok-kelompok penduduk ini menunjukkan adaptasi yang luar biasa dengan kondisi lingkungan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *