General

Sejarah Awal Berdiri Negara Perancis

×

Sejarah Awal Berdiri Negara Perancis

Share this article

Perancis adalah salah satu negara yang terkenal di dunia. Negara ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan menarik untuk dipelajari. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang sejarah awal berdiri negara Perancis.

Pengenalan

Sebelum membahas tentang sejarah awal berdiri negara Perancis, kita harus memahami bahwa Perancis dulunya adalah sebuah wilayah yang terdiri dari banyak suku dan kerajaan kecil. Wilayah ini tersebar di seluruh Eropa barat dan diperintah oleh banyak raja-raja yang berbeda-beda.

Kekuasaan Romawi

Pada awalnya, wilayah Perancis dikuasai oleh kerajaan Galia yang merupakan salah satu wilayah Kekaisaran Romawi. Kekuasaan Romawi di Perancis berlangsung selama beberapa abad. Selama masa ini, Romawi membangun banyak infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, dan bangunan publik lainnya.

Masa Karoling

Pada abad ke-8, Karolingian, sebuah dinasti Franka, mengambil alih kekuasaan di Perancis. Dinasti ini didirikan oleh Charles Martel, seorang jenderal Franka yang berhasil mengalahkan pasukan Muslim di Pertempuran Tours pada tahun 732.

Di bawah kekuasaan Karoling, wilayah Perancis berkembang pesat. Mereka memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Italia dan Jerman. Selain itu, Karoling juga memperkenalkan sistem feodalisme yang masih digunakan hingga saat ini.

Masa Capetian

Pada abad ke-10, dinasti Capetian mengambil alih kekuasaan di Perancis. Mereka memerintah selama lebih dari 300 tahun dan memperluas wilayah kekuasaan mereka hingga ke seluruh wilayah Perancis saat ini.

Di bawah kekuasaan Capetian, Perancis menjadi salah satu kekuatan besar di Eropa. Mereka memperkenalkan sistem pajak yang efektif dan berhasil membangun banyak bangunan publik seperti katedral dan universitas.

Masa Revolusi Prancis

Pada abad ke-18, Perancis mengalami masa revolusi yang sangat berpengaruh terhadap sejarah dunia. Revolusi Prancis dimulai pada tahun 1789 dan berakhir pada tahun 1799. Revolusi ini menumbangkan kekuasaan monarki dan membentuk republik secara resmi.

Revolusi Prancis juga memperkenalkan konsep hak asasi manusia dan kebebasan yang masih menjadi dasar negara Perancis saat ini. Selama masa revolusi, banyak orang terkenal seperti Napoleon Bonaparte lahir dan menjadi tokoh penting dalam sejarah dunia.

Kesimpulan

Sejarah awal berdiri negara Perancis sangat panjang dan kompleks. Dari masa kekuasaan Romawi hingga revolusi Prancis, Perancis telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Namun, negara ini tetap mempertahankan identitas dan budaya yang unik dan menarik.

Dengan memahami sejarah awal berdiri negara Perancis, kita dapat lebih menghargai dan memahami peran penting yang dimainkan oleh negara ini dalam sejarah dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *