General

5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli Lengkap

×

5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli Lengkap

Share this article

Praktikum adalah salah satu kegiatan yang umum dilakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan teori yang telah dipelajari. Di bawah ini adalah 5 pengertian praktikum menurut para ahli yang dapat menjadi referensi bagi kalian.

1. Pengertian Praktikum Menurut Sutrisno Hadi (2012)

Sutrisno Hadi mendefinisikan praktikum sebagai suatu kegiatan yang dilakukan di laboratorium atau lapangan untuk mengaplikasikan teori dengan tujuan untuk memperoleh pengalaman langsung. Melalui praktikum, mahasiswa dapat memahami konsep dan prinsip-prinsip yang telah dipelajari dalam kuliah.

2. Pengertian Praktikum Menurut Suharsimi Arikunto (2012)

Suharsimi Arikunto menjelaskan bahwa praktikum adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menghadapi situasi yang mirip dengan situasi di dunia nyata. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman langsung dan memperdalam pemahaman tentang konsep yang telah dipelajari.

3. Pengertian Praktikum Menurut Bambang Sugiarto (2013)

Bambang Sugiarto mengartikan praktikum sebagai kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menguji teori dalam situasi nyata. Melalui praktikum, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

4. Pengertian Praktikum Menurut Slameto (2010)

Menurut Slameto, praktikum adalah kegiatan yang dilakukan dalam upaya mengembangkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan teori ke dalam praktek. Praktikum juga bertujuan untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru melalui observasi dan eksperimen.

5. Pengertian Praktikum Menurut Sugiyono (2017)

Sugiyono mendefinisikan praktikum sebagai kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menguji, mengamati, dan mengevaluasi teori yang telah dipelajari dalam situasi yang nyata. Praktikum juga dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa praktikum merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam situasi nyata. Melalui praktikum, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan memperdalam pemahaman tentang konsep yang telah dipelajari. Praktikum juga dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *