General

Abdul Wahab Hasbullah: Sosok Pemimpin Ulama Indonesia

×

Abdul Wahab Hasbullah: Sosok Pemimpin Ulama Indonesia

Share this article

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman. Tidak hanya dalam hal agama, tetapi juga budaya dan adat istiadat. Salah satu tokoh yang menjadi pemimpin ulama Indonesia adalah Abdul Wahab Hasbullah. Siapa sebenarnya Abdul Wahab Hasbullah? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Masa Kecil dan Pendidikan

Abdul Wahab Hasbullah lahir pada 15 Oktober 1971 di Kota Medan, Sumatera Utara. Ia berasal dari keluarga yang taat beragama Islam. Ayahnya adalah seorang Kyai yang juga seorang pemimpin pondok pesantren. Oleh karena itu, Abdul Wahab Hasbullah tumbuh dalam lingkungan yang kental dengan nuansa keagamaan.

Abdul Wahab Hasbullah menempuh pendidikan dasar dan menengah di Kota Medan. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan berhasil meraih gelar Sarjana Hukum Islam. Selain itu, ia juga menempuh pendidikan di Universitas Islam Madinah dan berhasil meraih gelar Master of Comparative Law.

Kiprah di Dunia Pendidikan

Abdul Wahab Hasbullah memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, ia mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Pemkab Tapanuli Utara pada tahun 2007. Selain itu, ia juga mendirikan Yayasan Pendidikan Islam (YAPI) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di Indonesia.

Tidak hanya itu, Abdul Wahab Hasbullah juga aktif dalam memberikan ceramah dan pelatihan-pelatihan keagamaan di berbagai tempat di Indonesia. Ia juga sering menjadi pembicara dalam seminar-seminar keagamaan dan acara-acara televisi.

Peran dalam Masyarakat

Sebagai seorang pemimpin ulama, Abdul Wahab Hasbullah berperan aktif dalam mengajarkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Ia juga aktif dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti pengungsi dan korban bencana alam.

Tidak hanya itu, Abdul Wahab Hasbullah juga aktif dalam berbagai organisasi Islam di Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tapanuli Utara dan Ketua Umum Persatuan Islam Tapanuli Utara.

Karir di Dunia Politik

Abdul Wahab Hasbullah juga aktif di dunia politik. Ia menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada periode 2009-2014. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR.

Dalam karir politiknya, Abdul Wahab Hasbullah selalu memperjuangkan kepentingan umat Islam dan masyarakat Indonesia secara umum. Ia juga aktif dalam memberikan masukan dan saran kepada pemerintah dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan keagamaan dan masyarakat.

Karya Tulis

Selain aktif dalam berbagai kegiatan sosial, Abdul Wahab Hasbullah juga produktif dalam menulis. Beberapa karya tulisnya yang terkenal antara lain adalah “Hukum Islam di Indonesia”, “Sistem Pendidikan Islam di Indonesia”, dan “Peradilan Islam di Indonesia”.

Karya-karya tulisnya tersebut banyak dibaca dan menjadi acuan bagi para penggiat pendidikan dan keagamaan di Indonesia.

Penghargaan

Abdul Wahab Hasbullah telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan dan keagamaan. Oleh karena itu, ia mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai pihak, antara lain:

  • Penerima Anugerah Tokoh Perubahan Indonesia 2019 dari Majalah Tempo
  • Penerima Lifetime Achievement Award dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara
  • Penerima Penghargaan Tokoh Pendidikan dan Kebudayaan dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara

Kesimpulan

Abdul Wahab Hasbullah merupakan sosok pemimpin ulama Indonesia yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan politik. Ia memiliki visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keagamaan di Indonesia. Karya-karya tulisnya yang produktif dan kontribusinya yang besar kepada masyarakat Indonesia membuatnya menjadi salah satu tokoh yang dihormati di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *