General

Alan Shepard Menjadi Orang Amerika Pertama yang Melakukan Perjalanan ke Luar Angkasa

×

Alan Shepard Menjadi Orang Amerika Pertama yang Melakukan Perjalanan ke Luar Angkasa

Share this article

Alan Shepard adalah seorang astronot Amerika Serikat yang pertama kali melakukan perjalanan ke luar angkasa pada tahun 1961. Ia dilahirkan pada tanggal 18 November 1923 di Derry, New Hampshire. Sebelum menjadi seorang astronot, Shepard merupakan seorang pilot angkatan laut Amerika Serikat.

Karir Alan Shepard Sebelum Menjadi Astronot

Alan Shepard bergabung dengan angkatan laut Amerika Serikat pada tahun 1941. Ia menjadi seorang pilot tempur selama Perang Dunia II dan Perang Korea. Setelah itu, ia bergabung dengan program uji coba pesawat terbang supersonik.

Pada tahun 1959, Shepard dipilih sebagai salah satu dari tujuh astronaut pertama NASA. Ia merupakan bagian dari kelompok astronaut yang dikenal sebagai “Mercury Seven”. Pada awalnya, Shepard menjadi cadangan untuk misi pertama ke luar angkasa, tetapi akhirnya ia dipilih untuk melakukan misi tersebut.

Persiapan untuk Perjalanan ke Luar Angkasa

Sebelum melakukan perjalanan ke luar angkasa, Shepard harus menjalani pelatihan yang ketat. Ia harus belajar tentang sistem ruang angkasa, pesawat yang digunakan, dan bagaimana cara bertahan hidup di luar angkasa.

Shepard juga harus menjalani uji coba fisik yang ketat untuk memastikan bahwa ia siap untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa. Ia harus menjalani uji coba di dalam simulator ruang angkasa, di mana ia harus menghadapi kondisi yang sama dengan yang akan ia alami saat melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Misi Pertama ke Luar Angkasa

Pada tanggal 5 Mei 1961, Alan Shepard melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Freedom 7. Misi ini hanya berlangsung selama 15 menit, tetapi hal ini menjadi sejarah dalam eksplorasi luar angkasa.

Shepard berhasil melakukan pendaratan dengan selamat di Samudra Atlantik, sekitar 480 km dari Cape Canaveral, Florida. Ia diterima dengan sangat antusias oleh masyarakat Amerika Serikat.

Pengaruh Misi Alan Shepard

Misi Alan Shepard menjadi tonggak sejarah dalam eksplorasi luar angkasa. Setelah itu, NASA terus melakukan eksplorasi luar angkasa dengan tujuan untuk mengeksplorasi planet-planet di tata surya dan mencari tahu lebih banyak tentang asal-usul alam semesta.

Alan Shepard sendiri masih terus terlibat dalam program antariksa NASA. Ia menjadi komandan misi Apollo 14 pada tahun 1971, di mana ia berhasil melakukan pendaratan di Bulan.

Kesimpulan

Alan Shepard adalah seorang astronot Amerika Serikat yang pertama kali melakukan perjalanan ke luar angkasa pada tahun 1961. Ia berhasil melakukan pendaratan dengan selamat di Samudra Atlantik, sekitar 480 km dari Cape Canaveral, Florida. Misi Alan Shepard menjadi tonggak sejarah dalam eksplorasi luar angkasa dan menginspirasi banyak orang untuk terus mengeksplorasi alam semesta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *