General

Alat Musik Sasando: Kekayaan Musikal Indonesia yang Terlupakan

×

Alat Musik Sasando: Kekayaan Musikal Indonesia yang Terlupakan

Share this article

Indonesia memiliki kekayaan musikal yang sangat beragam, dari sabang hingga merauke, dari Aceh hingga Papua, setiap daerah memiliki alat musik tradisional yang khas dan unik. Salah satu alat musik tradisional yang kurang dikenal dan sering terlupakan adalah Sasando.

Apa Itu Sasando?

Sasando adalah alat musik tradisional khas dari Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando terbuat dari bambu dan rotan yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang unik dan indah.

Sasando memiliki bentuk mirip dengan harpa, tetapi ukurannya lebih kecil. Sasando memiliki beberapa bagian, yaitu resonator, rangkaian dawai bambu, dan sarana penggerak.

Cara Memainkan Sasando

Untuk memainkan Sasando, pemain harus menarik dawai bambu dengan jari dan telapak tangan. Suara yang dihasilkan sangat khas dan indah, terutama jika dimainkan dengan penuh perasaan dan emosi.

Sasando biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian atau lagu tradisional. Sasando juga sering dimainkan pada acara adat atau upacara keagamaan.

Sejarah Sasando

Sejarah Sasando tidak terlalu jelas, tetapi diyakini sudah ada sejak lama di daerah Rote. Sasando biasanya dimainkan oleh orang tua atau kakek-nenek sebagai bentuk hiburan dan penghibur.

Sasando juga digunakan sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai budaya dan moral kepada generasi muda.

Perkembangan Sasando

Sayangnya, saat ini Sasando kurang dikenal dan terlupakan oleh masyarakat Indonesia. Padahal, Sasando memiliki potensi untuk menjadi alat musik yang terkenal dan diakui di dunia internasional.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mempopulerkan kembali Sasando, seperti konser Sasando dan festival Sasando. Namun, upaya ini masih terbatas dan perlu dukungan yang lebih besar dari masyarakat Indonesia.

Keunikan Sasando

Salah satu keunikan Sasando adalah suara yang dihasilkan sangat khas dan indah. Suara Sasando juga dapat membuat suasana menjadi lebih tenang dan damai.

Sasando juga memiliki nilai artistik yang tinggi, karena memerlukan keahlian khusus dalam membuat dan memainkannya. Sasando juga memiliki nilai historis dan budaya yang penting bagi masyarakat Rote dan Indonesia.

Mengenal Lebih Dekat Sasando

Jika Anda ingin mengenal lebih dekat Sasando, Anda dapat mengunjungi daerah Rote di Nusa Tenggara Timur. Di sana, Anda dapat melihat langsung pembuatan dan permainan Sasando oleh para ahlinya.

Anda juga dapat membeli Sasando sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi. Sasando juga dapat dipakai sebagai hiasan rumah atau ruangan, karena memiliki bentuk yang indah dan unik.

Kesimpulan

Sasando adalah salah satu kekayaan musikal Indonesia yang terlupakan. Sasando memiliki suara yang khas dan indah, serta nilai artistik dan budaya yang tinggi. Sasando juga memiliki potensi untuk menjadi alat musik yang terkenal di dunia internasional.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita perlu memperkenalkan dan melestarikan Sasando agar tidak terlupakan oleh generasi mendatang. Dukungan dan apresiasi dari masyarakat Indonesia sangat penting untuk mempopulerkan kembali Sasando sebagai salah satu alat musik tradisional yang khas dan unik dari Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *