General

Apa Itu Sideways? Pelajari Definisi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

×

Apa Itu Sideways? Pelajari Definisi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Share this article

Pengenalan

Sideways merupakan salah satu istilah dalam dunia trading saham yang sering dijumpai. Namun, tidak semua orang tahu apa itu sideways serta bagaimana cara mengatasinya. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari definisi sideways, penyebabnya, dan cara mengatasinya.

Definisi Sideways

Sideways adalah kondisi pasar saham yang cenderung bergerak dalam kisaran harga yang sempit dan stabil. Dalam kondisi ini, harga saham tidak mengalami pergerakan yang signifikan naik atau turun, melainkan bergerak pada level yang hampir sama dalam jangka waktu yang relatif lama.Sideways juga sering disebut dengan konsolidasi atau flat market. Kondisi ini biasanya terjadi setelah terjadi tren naik atau turun yang kuat pada suatu saham atau indeks saham.

Penyebab Sideways

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi sideways pada pasar saham. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:1. Kekhawatiran pasarKekhawatiran pasar tentang kondisi ekonomi global atau kondisi politik suatu negara dapat memicu kondisi sideways pada pasar saham. Investor cenderung menahan diri untuk membeli atau menjual saham dalam situasi seperti ini.2. Tren naik atau turun yang kuatSetelah terjadi tren naik atau turun yang kuat dalam jangka waktu yang relatif singkat, pasar saham cenderung mengalami kondisi sideways. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan investor untuk mengambil keuntungan atau meminimalkan kerugian setelah terjadi pergerakan harga yang signifikan.3. Tidak adanya berita yang signifikanTidak adanya berita yang signifikan atau pengumuman penting dari perusahaan dapat membuat pasar saham cenderung mengalami kondisi sideways. Investor cenderung menunggu sampai ada berita atau pengumuman penting sebelum membeli atau menjual saham.

Cara Mengatasinya

Sideways dapat menjadi kondisi yang sulit bagi investor karena harga saham tidak bergerak secara signifikan dalam jangka waktu yang relatif lama. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi sideways, antara lain:1. Meningkatkan analisis pasarInvestor dapat meningkatkan analisis pasar untuk mengidentifikasi saham-saham yang memiliki potensi untuk naik atau turun dalam kondisi sideways. Dalam hal ini, investor dapat menggunakan analisis teknikal atau fundamental untuk menentukan saham-saham yang memiliki potensi keuntungan.2. Menggunakan strategi trading yang tepatInvestor juga dapat menggunakan strategi trading yang tepat untuk mengatasi kondisi sideways. Beberapa strategi trading yang dapat digunakan adalah seperti trading range atau trading pullback.3. Menjaga emosiKondisi sideways dapat membuat investor menjadi gelisah dan cenderung mengambil keputusan yang buruk. Oleh karena itu, menjaga emosi dan tetap tenang dalam menghadapi kondisi sideways sangat penting.

Kesimpulan

Sideways adalah kondisi pasar saham yang cenderung bergerak dalam kisaran harga yang sempit dan stabil. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kekhawatiran pasar, tren naik atau turun yang kuat, dan tidak adanya berita yang signifikan. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi sideways, antara lain meningkatkan analisis pasar, menggunakan strategi trading yang tepat, dan menjaga emosi. Dengan memahami kondisi sideways dan cara mengatasinya, investor dapat mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi di pasar saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *