General

Apa Itu Social Distancing?

×

Apa Itu Social Distancing?

Share this article

Social Distancing atau yang dikenal dengan istilah Physical Distancing adalah salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus, termasuk virus corona atau COVID-19. Social distancing dilakukan dengan menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko penyebaran virus dari orang yang terinfeksi ke orang lainnya.

Kenapa Social Distancing Penting?

Social Distancing menjadi penting karena virus corona menyebar dengan sangat cepat dan mudah. Virus ini menyebar melalui tetesan air liur atau lendir dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi. Ketika seseorang batuk atau bersin, tetesan air liur atau lendir tersebut dapat menyebar ke orang lain yang berada di sekitarnya.

Social Distancing dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus corona. Dengan menjaga jarak antara satu orang dengan yang lainnya, maka risiko penyebaran virus corona dapat diminimalisir.

Bagaimana Melakukan Social Distancing?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan Social Distancing, diantaranya:

1. Menjaga Jarak

Menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, terutama dari orang yang sedang sakit atau terinfeksi virus corona.

2. Hindari Kerumunan

Hindari mengunjungi tempat-tempat yang ramai dan penuh dengan orang. Hindari juga menghadiri acara yang mengumpulkan banyak orang, seperti konser, pertemuan, atau pesta.

3. Menghindari Kontak Fisik

Hindari kontak fisik langsung dengan orang lain, seperti berjabat tangan atau pelukan.

4. Menggunakan Masker

Gunakan masker ketika berada di luar rumah untuk mencegah penyebaran tetesan air liur atau lendir dari hidung atau mulut yang dapat menyebar virus corona.

5. Menjaga Kebersihan Tangan

Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan.

Siapa yang Harus Melakukan Social Distancing?

Semua orang, tanpa terkecuali, harus melakukan Social Distancing. Tidak hanya orang yang sedang sakit atau terinfeksi virus corona, tetapi juga orang yang sehat harus melakukan Social Distancing untuk mencegah penyebaran virus corona.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Melakukan Social Distancing Tapi Masih Terinfeksi Virus Corona?

Jika sudah melakukan Social Distancing tapi masih terinfeksi virus corona, maka yang harus dilakukan adalah:

1. Isolasi Diri

Isolasi diri di rumah selama minimal 14 hari untuk mencegah penyebaran virus corona ke orang lain.

2. Hubungi Pusat Kesehatan Terdekat

Hubungi pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan informasi dan pengobatan yang tepat.

3. Ikuti Protokol Kesehatan

Ikuti protokol kesehatan yang diberikan oleh pusat kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan secara teratur, dan menjaga jarak dengan orang lain.

Penutup

Social Distancing adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19. Dengan melakukan Social Distancing, kita dapat mengurangi risiko penyebaran virus dari orang yang terinfeksi ke orang lainnya. Selain Social Distancing, kita juga harus menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran virus corona. Mari bersama-sama melakukan Social Distancing untuk mencegah penyebaran virus corona dan menjaga kesehatan kita serta orang-orang di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *