General

Arti DM di Instagram: Mengenal Pesan Langsung di Platform Sosial Media Terpopuler

×

Arti DM di Instagram: Mengenal Pesan Langsung di Platform Sosial Media Terpopuler

Share this article

Instagram merupakan salah satu platform sosial media terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia. Penggunaannya yang mudah dan fitur-fitur menarik, menjadikan Instagram sebagai tempat yang tepat untuk berbagai keperluan, seperti berbagi foto, video, hingga interaksi dengan pengguna lain.

Apa itu DM di Instagram?

DM atau Direct Message merupakan salah satu fitur Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan langsung kepada pengguna lain. Fitur ini memudahkan komunikasi antar pengguna Instagram, tanpa harus memposting di halaman umum atau menggunakan fitur komentar.

Dalam DM, pengguna dapat mengirimkan pesan teks, foto, video, stiker, emoji, dan bahkan pesan suara. Pesan yang dikirimkan melalui DM hanya dapat dilihat oleh pengguna yang dikirimkan pesan tersebut dan pengguna yang menerima pesan.

Bagaimana Cara Menggunakan DM di Instagram?

Untuk menggunakan fitur DM di Instagram, pengguna harus terlebih dahulu memiliki akun Instagram dan mengunduh aplikasi Instagram di perangkatnya. Setelah itu, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram dan login ke akun Instagram.
  2. Klik ikon pesan di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih pengguna yang ingin dikirimkan pesan.
  4. Ketikkan pesan yang ingin dikirimkan dan tambahkan stiker atau emoji jika diinginkan.
  5. Klik kirim untuk mengirimkan pesan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirimkan pesan langsung dari profil pengguna lain dengan mengklik ikon pesan di profil tersebut. Pengguna juga dapat membuat grup DM dengan beberapa pengguna lain, dengan batas maksimal 32 pengguna dalam satu grup.

Apa Keuntungan Menggunakan DM di Instagram?

DM di Instagram memiliki berbagai keuntungan, antara lain:

  • Memudahkan komunikasi antar pengguna Instagram.
  • Menjaga privasi pesan yang dikirimkan.
  • Memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan teks, foto, video, dan pesan suara.
  • Memperluas jangkauan interaksi di Instagram.

Bagaimana Cara Menghindari DM yang Tidak Diinginkan?

DM di Instagram juga dapat digunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan yang tidak diinginkan, seperti pesan spam atau pesan yang mengandung konten negatif. Untuk menghindari hal tersebut, pengguna dapat melakukan beberapa cara berikut:

  • Hindari membuka DM dari pengguna yang tidak dikenal atau pengguna yang tidak memiliki hubungan baik dengan kita.
  • Segera laporkan jika menerima pesan yang mengandung konten negatif atau pesan spam.
  • Pilih opsi “Hanya orang yang saya ikuti” pada pengaturan DM, sehingga hanya pengguna yang diikuti yang dapat mengirimkan pesan.

Kesimpulan

DM di Instagram merupakan fitur yang memudahkan komunikasi antar pengguna Instagram. Dalam DM, pengguna dapat mengirimkan pesan teks, foto, video, stiker, emoji, dan bahkan pesan suara. Pengguna juga dapat membuat grup DM dengan beberapa pengguna lain. Namun, pengguna juga harus berhati-hati dalam menggunakan DM, untuk menghindari DM yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *