General

Arti Humble Adalah 3 Definisi dan 11 Sinonim Humble Artinya

×

Arti Humble Adalah 3 Definisi dan 11 Sinonim Humble Artinya

Share this article

Humble atau sederhana adalah salah satu karakteristik yang dianggap penting dalam kehidupan. Karakteristik ini menunjukkan sikap rendah hati dan menghargai orang lain. Di Indonesia, kata humble sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun, tidak semua orang tahu arti humble secara lengkap. Berikut ini adalah 3 definisi dan 11 sinonim humble artinya.

1. Definisi Humble

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, humble berarti sederhana, rendah hati, dan tidak sombong. Orang yang humble dianggap sebagai orang yang santun dan mudah bergaul. Mereka tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi juga memperhatikan orang lain di sekitarnya. Seorang yang humble biasanya tidak suka memamerkan kekayaan atau prestasi yang dimilikinya.

Sementara itu, dalam kamus bahasa Inggris, humble berarti modest atau having a low estimate of one’s own importance. Dalam arti ini, seseorang yang humble tidak merasa dirinya lebih penting atau lebih baik dari orang lain. Mereka tidak merasa perlu untuk menunjukkan kehebatan atau prestasi yang mereka miliki.

2. Sinonim Humble

Di samping definisi humble yang sudah disebutkan di atas, ada 11 sinonim humble artinya. Sinonim-sinonim ini digunakan untuk menggambarkan sikap yang sama dengan humble, yaitu sikap rendah hati dan menghargai orang lain.

Beberapa sinonim humble yang umum digunakan di Indonesia adalah:

  • Bersahaja
  • Merendah
  • Tidak sombong
  • Menyederhanakan
  • Tidak angkuh
  • Tidak sompret
  • Santun
  • Beradab
  • Berdikari
  • Menyimpan diri
  • Bertawaduk

Semua sinonim-sinonim tersebut memiliki makna yang sama dengan humble, yaitu menunjukkan sikap yang rendah hati dan menghargai orang lain.

3. Pentingnya Menjadi Humble

Sikap humble sangat penting dalam kehidupan, baik dalam hubungan pribadi maupun dalam karier. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menjadi humble sangat penting:

1. Meningkatkan Kepribadian

Sikap humble dapat membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan bersikap rendah hati, seseorang dapat belajar untuk menghargai orang lain dan tidak merasa lebih penting dari orang lain. Hal ini dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih baik dalam hubungan dengan orang lain.

2. Meningkatkan Karier

Sikap humble juga penting dalam karier seseorang. Seorang yang humble dapat bekerja sama dengan orang lain dan tidak merasa lebih penting dari rekan kerjanya. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mencapai kesuksesan dalam karier.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Menjadi humble juga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kesehatan mentalnya. Dengan bersikap rendah hati, seseorang dapat belajar untuk lebih mudah menerima kritik dan tidak merasa terlalu tertekan oleh kegagalan.

Kesimpulan

Humble atau sederhana adalah sikap yang sangat penting dalam kehidupan. Sikap ini menunjukkan rendah hati dan menghargai orang lain. Selain itu, menjadi humble juga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kepribadian, karier, dan kesehatan mental. Semua orang dapat belajar untuk menjadi humble dengan bersikap santun dan tidak sombong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *