General

Bagaimana Cara WhatsApp Mendapatkan Penghasilan

×

Bagaimana Cara WhatsApp Mendapatkan Penghasilan

Share this article

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Namun, meskipun popularitasnya yang besar, banyak orang masih bertanya-tanya bagaimana WhatsApp mendapatkan penghasilan.

WhatsApp Dibeli oleh Facebook

Pada tahun 2014, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah membeli WhatsApp dengan harga $19 miliar. Pembelian ini mengejutkan banyak orang, terutama karena WhatsApp pada saat itu tidak memiliki model bisnis yang jelas dan tidak memungut biaya dari pengguna.

Alasan di balik pembelian ini adalah potensi yang dimiliki WhatsApp untuk menjadi platform bisnis yang besar di masa depan. Facebook melihat WhatsApp sebagai cara untuk memperluas kehadirannya di pasar seluler, yang semakin penting bagi bisnis online.

WhatsApp Business

Setelah dibeli oleh Facebook, WhatsApp akhirnya meluncurkan model bisnisnya sendiri dengan WhatsApp Business. WhatsApp Business adalah aplikasi terpisah yang dirancang khusus untuk bisnis kecil dan menengah.

WhatsApp Business memungkinkan bisnis untuk dengan mudah berkomunikasi dengan pelanggan dan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik. Misalnya, bisnis dapat mengirimkan pesan otomatis ketika pelanggan menghubungi mereka, atau membuat daftar pesanan untuk mempermudah pengelolaan bisnis.

WhatsApp Business juga memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui profil bisnis mereka. Dengan WhatsApp Business, bisnis dapat menjangkau pelanggan potensial dengan cara yang lebih personal dan efektif.

WhatsApp Payments

Selain WhatsApp Business, WhatsApp juga telah meluncurkan layanan pembayaran digital bernama WhatsApp Payments. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang secara langsung melalui aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Payments saat ini hanya tersedia di India, tetapi kemungkinan akan diperluas ke pasar lain di masa depan. WhatsApp Payments merupakan cara bagi WhatsApp untuk menghasilkan uang melalui biaya transaksi dan biaya pemrosesan pembayaran.

Iklan di WhatsApp

Meskipun saat ini WhatsApp tidak menampilkan iklan di dalam aplikasinya, namun kemungkinan besar iklan akan menjadi sumber penghasilan utama WhatsApp di masa depan. Facebook telah mengkonfirmasi bahwa mereka berencana untuk menampilkan iklan di WhatsApp pada tahun 2020 atau 2021.

Facebook juga telah mengonfirmasi bahwa iklan di WhatsApp akan muncul di antara status, yang merupakan fitur populer di WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto, video, dan pesan singkat yang hilang setelah 24 jam.

Penutup

WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, dan meskipun tidak memungut biaya dari pengguna, mereka masih mampu menghasilkan uang dengan berbagai cara. Dari WhatsApp Business hingga WhatsApp Payments, WhatsApp telah menciptakan sumber penghasilan yang beragam untuk menghasilkan uang.

Dengan rencana untuk menampilkan iklan di WhatsApp pada masa depan, WhatsApp kemungkinan akan terus menghasilkan uang dan menjadi platform bisnis yang semakin penting bagi bisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *