General

Beberapa Badan Khusus PBB

×

Beberapa Badan Khusus PBB

Share this article

PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan sebuah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945. Organisasi ini berfungsi sebagai forum bagi negara-negara di seluruh dunia untuk membahas masalah-masalah internasional dan mencapai tujuan bersama. Di dalam PBB, terdapat beberapa badan khusus yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Berikut adalah beberapa badan khusus PBB yang perlu diketahui:

1. Dewan Keamanan PBB

Dewan Keamanan PBB adalah badan khusus yang bertanggung jawab atas menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Badan ini terdiri dari 15 negara anggota, di mana 5 negara permanen memiliki hak veto. Dewan Keamanan PBB memiliki wewenang untuk mengambil tindakan apapun yang dianggap perlu untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, termasuk sanksi ekonomi atau tindakan militer.

2. Mahkamah Internasional

Mahkamah Internasional adalah badan khusus yang bertugas menyelesaikan sengketa antara negara-negara di seluruh dunia. Badan ini memiliki wewenang untuk memutuskan kasus-kasus hukum internasional dan memberikan pendapat hukum kepada PBB atau badan-badan khusus lainnya. Mahkamah Internasional terdiri dari 15 hakim yang dipilih oleh Majelis Umum PBB dan Dewan Keamanan PBB.

3. Program Pangan Dunia

Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP) adalah badan khusus PBB yang bertugas memberikan bantuan pangan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia. Program ini didirikan pada tahun 1961 dan saat ini telah membantu jutaan orang yang terkena bencana alam atau konflik bersenjata. WFP merupakan badan khusus yang terbesar dan paling efektif dalam memberikan bantuan pangan internasional.

4. Organisasi Kesehatan Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab atas mengkoordinasikan masalah kesehatan di seluruh dunia. Badan ini didirikan pada tahun 1948 dan memiliki 194 negara anggota. WHO memiliki berbagai program untuk memerangi penyakit-penyakit menular dan tidak menular, serta meningkatkan kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

5. Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Children’s Fund (UNICEF) adalah badan khusus PBB yang bertugas mempromosikan dan melindungi hak anak di seluruh dunia. UNICEF didirikan pada tahun 1946 dan saat ini bekerja di lebih dari 190 negara. Badan ini memiliki berbagai program untuk meningkatkan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia.

6. Dana Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dana Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Development Programme (UNDP) adalah badan khusus PBB yang bertugas mempromosikan pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia. UNDP didirikan pada tahun 1965 dan saat ini bekerja di lebih dari 170 negara. Badan ini memiliki berbagai program untuk mengatasi kemiskinan, meningkatkan akses terhadap pendidikan dan kesehatan, serta mempromosikan kesetaraan gender.

7. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) adalah badan khusus PBB yang bertugas mempromosikan kerja sama internasional dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. UNESCO didirikan pada tahun 1945 dan saat ini memiliki 193 negara anggota. Badan ini memiliki berbagai program untuk mempromosikan pendidikan yang berkualitas, melestarikan warisan budaya dunia, serta meningkatkan akses terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

8. Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa

Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab atas perlindungan dan penanganan pengungsi di seluruh dunia. UNHCR didirikan pada tahun 1950 dan saat ini bekerja di lebih dari 130 negara. Badan ini memiliki berbagai program untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada pengungsi, serta mempromosikan solusi jangka panjang untuk sengketa-sengketa yang menyebabkan pengungsi.

9. Badan Lingkungan Hidup Perserikatan Bangsa-Bangsa

Badan Lingkungan Hidup Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Environment Programme (UNEP) adalah badan khusus PBB yang bertugas mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan perlindungan lingkungan hidup di seluruh dunia. UNEP didirikan pada tahun 1972 dan saat ini bekerja di lebih dari 100 negara. Badan ini memiliki berbagai program untuk mempromosikan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, melestarikan keanekaragaman hayati, serta mengurangi dampak perubahan iklim.

10. Dana Populasi Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dana Populasi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Population Fund (UNFPA) adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab atas mempromosikan kesehatan reproduksi dan keluarga di seluruh dunia. UNFPA didirikan pada tahun 1969 dan saat ini bekerja di lebih dari 150 negara. Badan ini memiliki berbagai program untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan reproduksi, mengurangi angka kematian ibu dan bayi, serta mempromosikan kesetaraan gender.

11. Badan Anti Narkoba Perserikatan Bangsa-Bangsa

Badan Anti Narkoba Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab atas memerangi penyalahgunaan narkoba dan kejahatan terorganisir di seluruh dunia. UNODC didirikan pada tahun 1997 dan saat ini bekerja di lebih dari 150 negara. Badan ini memiliki berbagai program untuk memerangi perdagangan narkoba, korupsi, dan kejahatan terorganisir lainnya.

12. Sekretariat PBB

Sekretariat PBB adalah badan khusus yang bertanggung jawab atas mengkoordinasikan aktivitas PBB di seluruh dunia. Badan ini dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PBB yang saat ini dijabat oleh António Guterres. Sekretariat PBB memiliki berbagai departemen dan program untuk mendukung tugas-tugas PBB di seluruh dunia, termasuk departemen politik, keamanan, dan ekonomi.

13. Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian

Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian atau International Fund for Agricultural Development (IFAD) adalah badan khusus PBB yang bertugas mempromosikan pembangunan pertanian berkelanjutan di seluruh dunia. IFAD didirikan pada tahun 1977 dan saat ini bekerja di lebih dari 100 negara. Badan ini memiliki berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan petani kecil di pedesaan, meningkatkan produktivitas pertanian, dan mempromosikan keamanan pangan.

14. Badan Internasional Energi Atom

Badan Internasional Energi Atom atau International Atomic Energy Agency (IAEA) adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab atas pengawasan penggunaan energi atom di seluruh dunia. IAEA didirikan pada tahun 1957 dan saat ini memiliki 171 negara anggota. Badan ini memiliki berbagai program untuk mempromosikan penggunaan energi atom yang aman dan damai, serta mengurangi risiko penyebaran senjata nuklir.

15. Badan Meteorologi Dunia

Badan Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO) adalah badan khusus PBB yang bertanggung jawab atas koordinasi sistem meteorologi internasional. WMO didirikan pada tahun 1950 dan saat ini memiliki 193 negara anggota. Badan ini memiliki berbagai program untuk memperbaiki sistem peringatan dini terhadap bencana alam seperti banjir, badai, dan gempa bumi.

Kesimpulan

Terdapat banyak badan khusus PBB yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Dari badan keamanan hingga badan lingkungan hidup, setiap badan khusus berperan penting dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional, mempromosikan pembangunan berkelanjutan, serta melindungi hak asasi manusia di seluruh dunia. Dengan kerja sama dari negara-negara anggota dan dukungan dari masyarakat internasional, PBB dan badan-badan khususnya dapat terus bekerja untuk mencapai tujuan bersama demi kesejahteraan dunia yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *