General

Berita Isra Miraj kepada Abu Bakar: Mengenal Perjalanan Rasulullah dalam Sejarah Islam

×

Berita Isra Miraj kepada Abu Bakar: Mengenal Perjalanan Rasulullah dalam Sejarah Islam

Share this article

Perjalanan Isra Miraj merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Perjalanan ini terdiri dari dua bagian yaitu Isra yang merupakan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dan Miraj yang merupakan perjalanan dari Baitul Makmur ke langit.

Isra: Perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa

Isra terjadi pada malam hari saat Rasulullah sedang tidur di rumahnya di Makkah. Malaikat Jibril datang dan membawa Rasulullah ke Masjidil Haram. Kemudian mereka berangkat menuju Masjidil Aqsa yang terletak di Yerusalem.

Sampai di sana, Rasulullah melakukan shalat di Masjidil Aqsa bersama para nabi terdahulu seperti Nabi Musa dan Nabi Ibrahim. Setelah itu, Rasulullah diangkat ke langit untuk melakukan perjalanan Miraj.

Miraj: Perjalanan dari Baitul Makmur ke Langit

Perjalanan Miraj dimulai dari Baitul Makmur yang merupakan tempat tinggal para malaikat di atas langit ketujuh. Rasulullah naik ke atas langit dan bertemu dengan para nabi seperti Nabi Adam, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Ibrahim.

Di langit ketujuh, Rasulullah bertemu dengan Allah SWT dan menerima perintah untuk melakukan shalat lima waktu sehari semalam. Selain itu, Rasulullah juga diberikan banyak keistimewaan dan pengetahuan tentang hal-hal gaib.

Keistimewaan Abu Bakar dalam Perjalanan Isra Miraj

Selain Rasulullah, hanya Abu Bakar yang pernah menyaksikan perjalanan Isra Miraj secara langsung. Hal ini terjadi ketika Rasulullah menceritakan perjalanan Isra Miraj kepada para sahabatnya di Masjid Nabawi.

Beberapa sahabat meragukan cerita Rasulullah, namun Abu Bakar percaya sepenuhnya dan bahkan mengatakan bahwa jika Rasulullah mengatakannya, maka pasti benar. Karena kepercayaan Abu Bakar yang begitu besar, ia diberi julukan Ash-Shiddiq yang berarti orang yang sangat percaya.

Pentingnya Isra Miraj dalam Sejarah Islam

Perjalanan Isra Miraj merupakan salah satu bukti kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Dalam perjalanan ini, Rasulullah diberikan banyak pengetahuan dan keistimewaan yang kemudian disebarkan kepada umat Islam melalui hadis-hadis dan ajaran-ajaran Islam.

Isra Miraj juga menjadi salah satu rukun iman bagi umat Islam, yang menunjukkan bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan yang tak terbatas dan Rasulullah sebagai utusan-Nya memiliki kedudukan yang sangat istimewa.

Kesimpulan

Perjalanan Isra Miraj adalah peristiwa penting dalam sejarah Islam yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Isra Miraj terdiri dari perjalanan Isra dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan perjalanan Miraj dari Baitul Makmur ke langit. Keistimewaan Abu Bakar sebagai satu-satunya yang menyaksikan perjalanan Isra Miraj langsung menunjukkan betapa pentingnya peristiwa ini dalam sejarah Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *