General

Biografi Dewi Sartika – Perintis Pendidikan Wanita Indonesia

×

Biografi Dewi Sartika – Perintis Pendidikan Wanita Indonesia

Share this article

Awal Kehidupan Dewi Sartika

Dewi Sartika adalah seorang wanita yang lahir di Bandung pada tanggal 4 Desember 1884. Ia adalah putri dari pasangan Raden Suhaemi Somanegara dan R.A Ayu Siti Aminah. Dewi Sartika merupakan sosok perempuan yang memiliki semangat juang tinggi dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi wanita Indonesia, terutama di Jawa Barat.

Pendidikan Dewi Sartika

Dewi Sartika mendapatkan pendidikan di sekolah Belanda, tetapi ia merasa bahwa pendidikan tersebut tidak cukup untuk memperjuangkan hak-hak wanita Indonesia. Karena itu, ia memutuskan untuk mendirikan sekolah untuk wanita di Bandung pada tahun 1904. Sekolah tersebut diberi nama “Sekolah Isteri” dan menjadi cikal bakal dari Sekolah Wanita Kartini yang kemudian dibuka di tempat yang sama pada tahun 1912.

Pekerjaan Dewi Sartika

Selain mendirikan sekolah untuk wanita, Dewi Sartika juga aktif dalam berbagai organisasi wanita. Ia mendirikan “Doelaran Istri” pada tahun 1912, sebuah organisasi yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak wanita Indonesia. Dewi Sartika juga menjadi anggota dari organisasi “Budi Utomo” yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Penghargaan dan Prestasi Dewi Sartika

Dewi Sartika mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Hindia Belanda atas jasanya dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi wanita Indonesia. Ia juga dianugerahi gelar kehormatan “Radèn Ajeng Kartini” oleh pemerintah Belanda atas perannya sebagai perintis pendidikan wanita di Indonesia.

Peran Dewi Sartika dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Meskipun Dewi Sartika lebih dikenal sebagai perintis pendidikan wanita Indonesia, ia juga turut berjuang dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah salah satu anggota dari “Perserikatan Perempuan Indonesia” yang didirikan pada tanggal 22 Desember 1945.

Kematian Dewi Sartika

Dewi Sartika meninggal dunia pada tanggal 11 September 1947. Namun, jasa-jasanya sebagai perintis pendidikan wanita Indonesia tetap dikenang dan dihargai oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Kesimpulan

Dewi Sartika adalah sosok wanita yang berjuang untuk memperjuangkan hak pendidikan bagi wanita Indonesia. Ia berhasil mendirikan sekolah untuk wanita di Bandung dan menjadi cikal bakal dari Sekolah Wanita Kartini. Selain itu, Dewi Sartika juga aktif dalam berbagai organisasi wanita dan turut berjuang dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Jasa-jasanya sebagai perintis pendidikan wanita Indonesia tetap dikenang dan dihargai oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *