General

Biografi Singkat Antoine Henri Becquerel: Penemu Radiasi

×

Biografi Singkat Antoine Henri Becquerel: Penemu Radiasi

Share this article

Antoine Henri Becquerel lahir pada tanggal 15 Desember 1852 di Paris, Prancis. Dia berasal dari keluarga yang sangat terkemuka di dunia ilmu pengetahuan. Ayahnya, Alexandre-Edmond Becquerel, adalah seorang fisikawan terkenal dan kakeknya, Antoine Cesar Becquerel, adalah seorang kimia terkenal.

Pada awalnya, Antoine Henri Becquerel tertarik pada fisika dan matematika. Dia belajar di École Polytechnique dan kemudian melanjutkan studinya di École des Ponts et Chaussées. Selama studinya, dia tertarik pada fenomena elektromagnetik dan memutuskan untuk mempelajari radiasi.

Pada tahun 1896, saat sedang melakukan penelitian tentang sinar-X yang baru ditemukan, Becquerel menemukan bahwa uranium juga memancarkan radiasi. Dia menemukan bahwa sinar tersebut dapat melalui benda yang mampu menghalangi sinar-X, seperti kertas dan logam tipis.

Penemuan Radiasi

Penemuan Becquerel tentang radiasi menjadi penemuan penting dalam sejarah ilmu pengetahuan. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mencari cara untuk mempelajari struktur atom dan Becquerel menemukan sebuah cara untuk mempelajarinya.

Setelah penemuan Becquerel, banyak ilmuwan mempelajari radiasi. Salah satu ilmuwan yang terkenal adalah Marie Curie. Marie Curie mempelajari radiasi bersama suaminya, Pierre Curie, dan menggunakan pengetahuan mereka untuk menemukan dua unsur baru, polonium dan radium.

Penghargaan dan Pengakuan

Pada tahun 1903, Becquerel bersama-sama dengan Marie dan Pierre Curie dianugerahi Hadiah Nobel Fisika atas penemuan mereka tentang radiasi. Ini adalah pengakuan tertinggi dalam dunia ilmu pengetahuan dan menjadi bukti bahwa penemuan mereka sangat penting dan berdampak besar pada ilmu pengetahuan.

Becquerel juga menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan di Prancis pada tahun 1905 dan mendapatkan penghargaan lain seperti Medali Franklin dari Royal Society of Arts di London dan Medali Rumford dari Royal Society of London.

Kesimpulan

Antoine Henri Becquerel adalah ilmuwan Prancis yang terkenal karena penemuan radiasinya. Penemuan ini telah memberikan kontribusi besar pada dunia ilmu pengetahuan dan telah memungkinkan ilmuwan untuk mempelajari struktur atom. Dengan penghargaan dan pengakuan yang diterimanya, Becquerel telah menjadi inspirasi bagi banyak ilmuwan di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *