General

Biografi Singkat Milton Friedman

×

Biografi Singkat Milton Friedman

Share this article

Siapa Milton Friedman?

Milton Friedman adalah seorang ekonom terkenal asal Amerika Serikat yang lahir pada tanggal 31 Juli 1912 di Brooklyn, New York. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam dunia ekonomi modern karena kontribusinya dalam memperkenalkan teori ekonomi pasar bebas.

Pendidikan dan Awal Karir

Milton Friedman menempuh pendidikan di Rutgers University dan kemudian melanjutkan studinya ke University of Chicago, di mana ia mendapatkan gelar doktoralnya pada tahun 1946. Setelah menyelesaikan pendidikan, ia mulai bekerja sebagai profesor ekonomi di University of Chicago.

Teori Ekonomi Pasar Bebas

Milton Friedman merupakan salah satu tokoh yang memperkenalkan teori ekonomi pasar bebas yang kemudian dikenal sebagai Chicago School of Economics. Ia percaya bahwa pasar bebas adalah cara terbaik untuk mengatur perekonomian dan bahwa campur tangan pemerintah hanya akan merusak sistem ekonomi.

Pengaruh Friedman dalam Dunia Ekonomi

Pengaruh Milton Friedman dalam dunia ekonomi sangat besar. Teorinya tentang pasar bebas telah mempengaruhi kebijakan pemerintah di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Chile. Ia juga merupakan penerima Nobel Ekonomi pada tahun 1976 atas kontribusinya dalam bidang ekonomi.

Karya-Karya Milton Friedman

Milton Friedman telah menulis banyak karya dalam bidang ekonomi, di antaranya adalah:

  • A Theory of the Consumption Function (1957)
  • A Monetary History of the United States, 1867–1960 (1963)
  • Capitalism and Freedom (1962)
  • Free to Choose (1980)

Kehidupan Pribadi

Milton Friedman menikah dengan Rose Friedman pada tahun 1938 dan memiliki dua anak. Ia meninggal dunia pada tanggal 16 November 2006 di San Francisco, California.

Kesimpulan

Milton Friedman adalah salah satu tokoh penting dalam dunia ekonomi modern karena kontribusinya dalam memperkenalkan teori ekonomi pasar bebas. Teorinya telah mempengaruhi kebijakan pemerintah di banyak negara dan ia juga merupakan penerima Nobel Ekonomi pada tahun 1976. Karya-karyanya dalam bidang ekonomi telah menjadi referensi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *