General

Daerah yang Dipengaruhi Unsur Hindu di Nusantara

×

Daerah yang Dipengaruhi Unsur Hindu di Nusantara

Share this article

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan sejarah. Salah satu unsur budaya yang terdapat di Indonesia adalah unsur Hindu. Unsur Hindu masuk ke Indonesia pada abad ke-1 Masehi dan menjadi salah satu pengaruh besar dalam kebudayaan Indonesia. Berikut ini adalah daerah-daerah di Indonesia yang dipengaruhi unsur Hindu.

1. Bali

Bali adalah daerah yang paling terkenal dengan kebudayaan Hindu di Indonesia. Hindu di Bali memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan Hindu di India. Pada umumnya, kebudayaan Hindu di Bali sangat dipengaruhi oleh agama Hindu Dharma yang berasal dari India Selatan. Namun, ada beberapa perbedaan dalam praktik keagamaan antara Hindu Bali dan India Selatan.

Bali memiliki banyak candi yang menjadi bukti sejarah bahwa daerah ini dipengaruhi oleh agama Hindu. Beberapa candi yang terkenal di Bali adalah Pura Besakih, Pura Tanah Lot, dan Pura Uluwatu.

2. Jawa Tengah

Daerah Jawa Tengah juga sangat dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satu tempat yang menjadi bukti sejarah adanya pengaruh Hindu adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra. Candi ini merupakan tempat peribadatan umat Buddha dan juga memiliki unsur Hindu. Terdapat beberapa relief pada dinding candi yang menggambarkan cerita Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.

3. Jawa Timur

Di Jawa Timur, ada beberapa tempat yang dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satunya adalah Candi Penataran. Candi Penataran terletak di Blitar, Jawa Timur dan dibangun pada abad ke-13 oleh Kerajaan Singasari.

Candi Penataran memiliki banyak relief yang menggambarkan cerita Ramayana dan Mahabharata. Selain itu, di sekitar candi juga terdapat beberapa batu bersurat yang dituliskan dengan aksara Pallawa.

4. Sumatra

Di Sumatra, terdapat beberapa tempat yang dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satunya adalah Candi Muara Takus. Candi Muara Takus terletak di Kampar, Riau dan dibangun pada abad ke-7 oleh Kerajaan Melayu.

Candi Muara Takus memiliki beberapa relief yang menggambarkan cerita Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata. Selain itu, di sekitar candi juga terdapat beberapa batu bersurat yang dituliskan dengan aksara Pallawa.

5. Kalimantan

Di Kalimantan, terdapat beberapa tempat yang dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satunya adalah Candi Agung Amuntai. Candi Agung Amuntai terletak di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

Candi Agung Amuntai dibangun pada abad ke-14 oleh Kerajaan Negara Daha. Candi ini memiliki beberapa relief yang menggambarkan cerita Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.

6. Sulawesi

Di Sulawesi, terdapat beberapa tempat yang dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satunya adalah Candi Taipa. Candi Taipa terletak di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Candi Taipa dibangun pada abad ke-14 oleh Kerajaan Luwu. Candi ini memiliki beberapa relief yang menggambarkan cerita Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.

7. Nusa Tenggara Barat

Di Nusa Tenggara Barat, terdapat beberapa tempat yang dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satunya adalah Candi Prambanan Lombok. Candi Prambanan Lombok terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Candi Prambanan Lombok dibangun pada abad ke-11 oleh Kerajaan Medang. Candi ini memiliki beberapa relief yang menggambarkan cerita Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.

8. Maluku

Di Maluku, terdapat beberapa tempat yang dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satunya adalah Kota Ambon. Kota Ambon pada awalnya dikuasai oleh Kerajaan Ternate yang memiliki pengaruh Hindu.

Kerajaan Ternate memiliki sistem pemerintahan yang dipengaruhi oleh agama Hindu. Selain itu, di Kota Ambon juga terdapat beberapa bangunan peninggalan sejarah yang memiliki unsur Hindu seperti Candi Benteng.

9. Papua

Di Papua, terdapat beberapa tempat yang dipengaruhi oleh unsur Hindu. Salah satunya adalah Candi Tridatu. Candi Tridatu terletak di Jayapura, Papua.

Candi Tridatu dibangun pada abad ke-4 oleh Kerajaan Kutai. Candi ini memiliki beberapa relief yang menggambarkan cerita Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.

Dari daerah-daerah di Indonesia yang dipengaruhi oleh unsur Hindu, dapat dilihat bahwa kebudayaan Hindu memang memiliki pengaruh yang besar dalam sejarah Indonesia. Pengaruh Hindu dapat dilihat dari candi-candi dan bangunan-bangunan peninggalan sejarah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Meskipun pengaruh Hindu sudah sangat lama terjadi di Indonesia, tetapi kebudayaan Hindu masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Hindu masih menjadi agama utama di Bali dan juga di beberapa daerah lain di Indonesia. Hal ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh Hindu dalam kebudayaan Indonesia.

Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia harus tetap mempertahankan kebudayaan yang ada dan juga harus memperkenalkan kebudayaan tersebut kepada dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *