Vivo

Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh di HP Vivo

×

Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh di HP Vivo

Share this article

Jika Anda menggunakan HP Vivo, tentu Anda pernah mengalami penyimpanan penuh. Hal ini sangat mengganggu karena bisa membuat HP Anda menjadi lambat atau bahkan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara agar penyimpanan tidak penuh di HP Vivo. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Aplikasi yang tidak dibutuhkan memakan banyak ruang penyimpanan di HP Vivo Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Untuk melakukannya, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi & Notifikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

2. Hapus Berkas yang Tidak Dibutuhkan

Berkas seperti foto, video, atau dokumen yang tidak lagi Anda butuhkan juga bisa membuat penyimpanan di HP Vivo Anda penuh. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus berkas-berkas tersebut secara teratur. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master untuk membersihkan file-file yang tidak dibutuhkan di HP Anda.

3. Gunakan Kartu SD

Jika HP Vivo Anda memiliki slot kartu SD, maka Anda bisa menggunakan kartu SD untuk menyimpan data yang tidak terlalu penting. Dengan demikian, ruang penyimpanan di HP Anda akan lebih lega dan tidak cepat penuh.

4. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Selain menyimpan data di kartu SD, Anda juga bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi & Notifikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan dan pilih Pindahkan ke Kartu SD.

5. Gunakan Google Photos

Jika penyimpanan di HP Vivo Anda benar-benar penuh, maka Anda bisa menggunakan layanan Google Photos sebagai alternatif. Dengan Google Photos, Anda bisa menyimpan foto dan video di cloud sehingga tidak memakan penyimpanan di HP Anda. Selain itu, Google Photos juga memiliki fitur pencarian yang sangat canggih sehingga memudahkan Anda untuk mencari foto atau video yang Anda inginkan.

6. Hapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi juga bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus cache aplikasi secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi & Notifikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya dan pilih Hapus Cache.

7. Gunakan Aplikasi Pengelola Penyimpanan

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengelola penyimpanan seperti Files by Google atau DiskUsage untuk memantau penggunaan penyimpanan di HP Anda. Dengan aplikasi pengelola penyimpanan, Anda bisa melihat aplikasi atau berkas mana saja yang memakan banyak ruang penyimpanan dan menghapusnya secara langsung.

8. Hapus Riwayat Pencarian

Riwayat pencarian di browser atau aplikasi seperti Instagram juga bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus riwayat pencarian secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi & Notifikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus riwayat pencariannya dan pilih Hapus Riwayat.

9. Hapus Pesan Teks dan Gambar

Pesan teks dan gambar juga bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus pesan-pesan tersebut secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi pesan yang Anda gunakan, kemudian pilih pesan-pesan yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

10. Gunakan Aplikasi Streaming Musik dan Video

Jika Anda suka mendengarkan musik atau menonton video di HP Anda, maka Anda bisa menggunakan aplikasi streaming seperti Spotify atau Netflix. Dengan menggunakan aplikasi streaming, Anda tidak perlu menyimpan file musik atau video di HP Anda sehingga ruang penyimpanan di HP Anda akan lebih lega.

11. Gunakan Aplikasi Cloud Storage

Anda juga bisa menggunakan aplikasi cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox untuk menyimpan berkas-berkas Anda. Dengan menggunakan aplikasi cloud storage, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang penyimpanan di HP Anda karena berkas-berkas Anda akan disimpan di cloud.

12. Hapus Aplikasi Bawaan

HP Vivo Anda mungkin memiliki beberapa aplikasi bawaan yang tidak Anda butuhkan. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan di HP Anda. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi & Notifikasi. Kemudian, pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

13. Gunakan Aplikasi Cleaner

Anda juga bisa menggunakan aplikasi cleaner seperti CCleaner atau Avast Cleanup untuk membersihkan file-file yang tidak dibutuhkan di HP Anda. Dengan menggunakan aplikasi cleaner, Anda bisa menghemat ruang penyimpanan di HP Anda.

14. Hapus File Musik dan Video

Jika Anda menyimpan file musik atau video di HP Anda, maka Anda perlu menghapus file-file tersebut secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi pemutar musik atau video yang Anda gunakan, kemudian pilih file-file yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

15. Gunakan Aplikasi Pembatas Kuota

Jika Anda khawatir tentang penggunaan kuota data di HP Anda, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pembatas kuota seperti Datally. Dengan menggunakan aplikasi pembatas kuota, Anda bisa menghemat kuota data dan mengurangi penggunaan penyimpanan di HP Anda.

16. Gunakan Aplikasi Pembatas Waktu

Jika Anda khawatir anak Anda terlalu banyak menggunakan HP Vivo, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pembatas waktu seperti Screen Time. Dengan menggunakan aplikasi pembatas waktu, Anda bisa mengontrol waktu penggunaan HP Vivo anak Anda dan mengurangi penggunaan penyimpanan di HP Anda.

17. Hapus File Download

File download seperti file PDF atau file musik juga bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Vivo Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus file download tersebut secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi download yang Anda gunakan, kemudian pilih file download yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

18. Gunakan Aplikasi Password Manager

Jika Anda memiliki banyak akun online, maka Anda perlu mengingat banyak password. Hal ini bisa membuat daftar password menjadi panjang dan memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan aplikasi password manager seperti LastPass atau 1Password untuk menyimpan password Anda secara aman dan efisien.

19. Hapus File Log

File log adalah file yang mencatat aktivitas di HP Vivo Anda. File log tersebut bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus file log secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi & Notifikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus log-nya dan pilih Hapus Log.

20. Gunakan Aplikasi Pemampat Berkas

Jika Anda memiliki banyak berkas yang perlu Anda kirim melalui email atau aplikasi chat, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pemampat berkas seperti RAR atau ZIP. Dengan aplikasi pemampat berkas, Anda bisa mengompres berkas-berkas tersebut sehingga ukuran file menjadi lebih kecil dan memakan ruang penyimpanan yang lebih sedikit di HP Anda.

21. Hapus File APK

File APK adalah file instalasi aplikasi di HP Vivo Anda. File APK tersebut bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus file APK yang tidak Anda butuhkan. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi file manager yang Anda gunakan, kemudian pilih file APK yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

22. Gunakan Aplikasi VPN

Jika Anda sering menggunakan koneksi internet publik, maka Anda perlu menggunakan aplikasi VPN untuk melindungi privasi Anda. Dengan menggunakan aplikasi VPN, Anda bisa mengakses internet dengan aman dan mengurangi penggunaan penyimpanan di HP Anda.

23. Hapus File Thumbnail

File thumbnail adalah file kecil yang berisi gambar preview dari file asli. File thumbnail tersebut bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus file thumbnail secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi file manager yang Anda gunakan, kemudian pilih file thumbnail yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

24. Gunakan Aplikasi Antivirus

Anda juga perlu menggunakan aplikasi antivirus seperti Avast atau AVG untuk melindungi HP Vivo Anda dari virus atau malware. Dengan menggunakan aplikasi antivirus, Anda bisa mengurangi penggunaan penyimpanan di HP Anda karena aplikasi antivirus akan membersihkan file-file yang tidak dibutuhkan atau berbahaya di HP Anda.

25. Hapus File Temporari

File temporari adalah file sementara yang dibuat oleh sistem operasi atau aplikasi. File temporari tersebut bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus file temporari secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi file manager yang Anda gunakan, kemudian pilih file temporari yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

26. Gunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Jika Anda sering mengalami tampilan iklan yang mengganggu di HP Vivo Anda, maka Anda perlu menggunakan aplikasi pemblokir iklan seperti Adblock Plus atau AdGuard. Dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan, Anda bisa mengurangi penggunaan penyimpanan di HP Anda karena aplikasi pemblokir iklan akan memblokir iklan-iklan yang tidak dibutuhkan.

27. Hapus File Dokumen

Jika Anda menyimpan banyak dokumen di HP Vivo Anda, maka Anda perlu menghapus dokumen-dokumen tersebut secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi pengolah dokumen yang Anda gunakan, kemudian pilih dokumen-dokumen yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

28. Gunakan Aplikasi Pemblokir Panggilan

Jika Anda sering menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau nomor penipu, maka Anda perlu menggunakan aplikasi pemblokir panggilan seperti Truecaller atau Whoscall. Dengan menggunakan aplikasi pemblokir panggilan, Anda bisa mengurangi penggunaan penyimpanan di HP Anda karena aplikasi pemblokir panggilan akan memblokir panggilan-panggilan yang tidak dibutuhkan.

29. Hapus File Screenshot

File screenshot adalah file gambar yang diambil dari layar HP Vivo Anda. File screenshot tersebut bisa memakan banyak ruang penyimpanan di HP Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus file screenshot secara teratur. Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi galeri atau file manager yang Anda gunakan, kemudian pilih file screenshot yang ingin Anda hapus dan pilih Hapus.

30. Gunakan Aplikasi Kamera Bawaan HP Vivo

Jika Anda suka mengambil foto atau video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *