Teknologi

Cara Download Jurnal di Emerald

×

Cara Download Jurnal di Emerald

Share this article

Pendahuluan

Emerald adalah salah satu platform digital yang menyediakan akses ke ribuan jurnal ilmiah. Bagi para peneliti dan mahasiswa, memiliki akses ke jurnal-jurnal ini sangat penting untuk mendapatkan informasi terbaru dalam berbagai bidang ilmu. Namun, tidak semua orang tahu cara mengunduh jurnal dari Emerald. Artikel ini akan membahas langkah-langkah cara download jurnal di Emerald dengan mudah dan cepat.

Langkah 1: Membuka Situs Emerald

Langkah pertama untuk mendownload jurnal di Emerald adalah membuka situs resmi Emerald di browser Anda. Ketik “Emerald” di mesin pencari atau langsung kunjungi www.emerald.com. Setelah halaman utama terbuka, Anda akan melihat berbagai menu dan fitur yang tersedia.

Langkah 2: Mencari Jurnal yang Diinginkan

Setelah membuka situs Emerald, langkah selanjutnya adalah mencari jurnal yang ingin Anda download. Anda dapat menggunakan kotak pencarian yang tersedia di bagian atas halaman untuk mencari judul jurnal, penulis, atau kata kunci yang relevan. Ketikkan kata kunci yang sesuai dan tekan tombol Enter.

Langkah 3: Membaca Ringkasan Jurnal

Setelah Anda menemukan jurnal yang diinginkan, klik judul jurnal untuk membuka halaman ringkasan. Pada halaman ini, Anda akan melihat abstrak jurnal, informasi tentang penulis, dan kata kunci terkait. Baca ringkasan jurnal dengan seksama untuk memastikan relevansinya dengan topik penelitian Anda.

Langkah 4: Mengakses Versi PDF

Setelah memastikan bahwa jurnal tersebut relevan, langkah berikutnya adalah mengakses versi PDF jurnal. Di halaman ringkasan, cari tautan yang menyediakan opsi untuk mengunduh versi PDF. Biasanya, tautan ini ditemukan di bagian bawah halaman atau di samping abstrak jurnal. Klik tautan tersebut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 5: Masuk atau Daftar Akun

Sebelum mengunduh jurnal dari Emerald, Anda akan diminta untuk masuk atau mendaftar akun terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun di Emerald, masukkan detail login Anda. Jika belum, klik opsi “Daftar” dan ikuti langkah-langkah pendaftaran yang disediakan. Pastikan Anda menggunakan alamat email yang valid untuk mendaftar.

Langkah 6: Pilih Opsi Download

Setelah berhasil masuk atau mendaftar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman jurnal. Pada halaman ini, Anda akan melihat berbagai opsi untuk mengunduh jurnal. Emerald biasanya menyediakan opsi untuk mengunduh jurnal secara keseluruhan atau hanya bagian-bagian tertentu yang Anda butuhkan. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 7: Verifikasi dan Mulai Proses Download

Sebelum mengunduh jurnal di Emerald, Anda mungkin akan diminta untuk memverifikasi bahwa Anda adalah manusia dan bukan robot. Biasanya, ini melibatkan memasukkan kode keamanan yang ditampilkan di halaman. Setelah memverifikasi, klik tombol “Download” atau “Unduh” untuk memulai proses download jurnal.

Langkah 8: Tunggu dan Selesaikan Download

Setelah mengklik tombol download, Anda harus menunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Durasi download akan tergantung pada ukuran jurnal dan kecepatan internet Anda. Jangan tutup atau refresh halaman selama proses download berlangsung. Setelah selesai, jurnal akan tersimpan di folder unduhan di komputer Anda.

Kesimpulan

Mendownload jurnal di Emerald tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan Anda menjaga kerahasiaan akun Anda dan hanya mengunduh jurnal yang sesuai dengan kebutuhan penelitian Anda. Dengan memiliki akses ke jurnal ilmiah melalui Emerald, Anda dapat meningkatkan kualitas penelitian dan informasi yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *