Teknologi

Cara Download Subtitle YouTube

×

Cara Download Subtitle YouTube

Share this article

YouTube adalah platform video online yang sangat populer di seluruh dunia. Jutaan video dengan berbagai macam konten dapat ditemukan di YouTube, termasuk film, klip musik, dan video lucu. Namun, terkadang kita ingin menonton video yang tidak berbahasa Inggris, dan membutuhkan subtitle dalam bahasa yang kita pahami. Jika Anda ingin tahu cara mengunduh subtitle dari video YouTube, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Situs Pihak Ketiga

Langkah pertama adalah menggunakan situs pihak ketiga yang menyediakan layanan unduh subtitle YouTube. Ada banyak situs yang tersedia, seperti SaveSubs, DownSub, atau KeepSubs. Kunjungi salah satu situs ini dan salin URL video YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya.

Setelah itu, tempelkan URL video YouTube di kolom yang disediakan di situs unduh subtitle tersebut. Pilih bahasa subtitle yang diinginkan, lalu klik tombol “Unduh” atau “Download”. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Ponsel

Jika Anda lebih nyaman menggunakan ponsel, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Beberapa aplikasi yang populer adalah SubLoader, Captions, atau Subtitle Downloader. Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih.

Buka aplikasi tersebut dan salin URL video YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya. Tempelkan URL di kolom yang tersedia di aplikasi tersebut. Pilih bahasa subtitle yang diinginkan, lalu klik tombol “Unduh” atau “Download”. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai.

3. Menggunakan Perangkat Lunak di Komputer

Jika Anda lebih suka menggunakan komputer, terdapat perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengunduh subtitle dari video YouTube. Salah satu perangkat lunak yang populer adalah 4K Video Downloader. Unduh dan instal perangkat lunak tersebut di komputer Anda.

Buka program 4K Video Downloader dan salin URL video YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya. Tempelkan URL di kolom yang tersedia di program tersebut. Pilih bahasa subtitle yang diinginkan, lalu klik tombol “Unduh” atau “Download”. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai.

4. Menggunakan Add-On atau Ekstensi Browser

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan atau perangkat lunak, Anda dapat menggunakan add-on atau ekstensi di browser yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat menggunakan ekstensi bernama “YouTube Subtitle Downloader”.

Cari ekstensi tersebut di Chrome Web Store dan instal ke browser Anda. Setelah itu, buka video YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya dan klik ikon ekstensi di bagian atas browser. Pilih bahasa subtitle yang diinginkan, lalu klik tombol “Unduh” atau “Download”. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai.

5. Menyimpan Subtitle di Lokal

Setelah Anda berhasil mengunduh subtitle YouTube, biasanya file subtitle akan disimpan dalam format .srt. File ini berisi teks terjemahan dari video YouTube tersebut. Anda dapat menyimpan file subtitle ini di komputer atau ponsel Anda.

Jika Anda ingin menonton video YouTube dengan subtitle, pastikan file subtitle (.srt) dan video YouTube berada dalam satu folder dengan nama yang sama. Buka video menggunakan pemutar video di komputer atau ponsel Anda, dan subtitle akan otomatis terbaca oleh pemutar video tersebut.

Kesimpulan

Mengunduh subtitle YouTube sangatlah mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Anda dapat menggunakan situs pihak ketiga, aplikasi ponsel, perangkat lunak di komputer, atau add-on/ekstensi browser untuk mengunduh subtitle. Pastikan Anda memilih bahasa subtitle yang diinginkan sebelum mengunduhnya.

Setelah berhasil mengunduh subtitle, Anda dapat menyimpannya di komputer atau ponsel Anda. Dengan subtitle, Anda dapat menikmati video YouTube dalam bahasa yang Anda pahami. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *