General

Cara Install File IPA di iPhone dengan Mudah

×

Cara Install File IPA di iPhone dengan Mudah

Share this article

Jika Anda pengguna iPhone, Anda mungkin sudah familiar dengan file IPA. File tersebut adalah file aplikasi yang biasanya digunakan untuk menginstal aplikasi yang tidak tersedia di App Store. Namun, tidak semua orang tahu cara menginstal file IPA di iPhone. Berikut adalah cara mudah untuk menginstal file IPA di iPhone.

1. Pastikan iPhone Anda Sudah Di-Jailbreak

Sebelum Anda dapat menginstal file IPA di iPhone, Anda harus terlebih dahulu melakukan jailbreak pada iPhone Anda. Jailbreak adalah proses untuk membuka kunci iPhone sehingga Anda dapat menginstal aplikasi dari sumber lain selain App Store. Namun, jailbreak dapat membatalkan garansi iPhone Anda, sehingga Anda harus berhati-hati sebelum melakukannya.

2. Unduh File IPA yang Dibutuhkan

Setelah iPhone Anda di-jailbreak, Anda dapat mengunduh file IPA yang ingin Anda instal. Anda dapat menemukan file IPA di situs-situs web seperti AppCake atau AppAddict. Pastikan untuk mengunduh file IPA yang sesuai dengan jenis iPhone Anda dan versi iOS yang Anda gunakan.

3. Instal Aplikasi iFunBox

Setelah mengunduh file IPA, Anda perlu menginstal aplikasi iFunBox pada komputer Anda. iFunBox adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menginstal file IPA ke iPhone Anda tanpa menggunakan iTunes.

4. Sambungkan iPhone ke Komputer

Setelah menginstal iFunBox, sambungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan untuk memilih “Trust this computer” pada iPhone Anda jika diminta.

5. Buka Aplikasi iFunBox

Setelah iPhone terhubung ke komputer, buka aplikasi iFunBox. Pilih tab “Install App” pada halaman utama iFunBox.

6. Pilih File IPA yang Ingin di-Install

Pada tab “Install App”, pilih file IPA yang ingin Anda instal. Jika file IPA sudah terbuka di komputer Anda, cukup drag dan drop file IPA ke jendela iFunBox. Jika tidak, klik tombol “Select IPA” dan cari file IPA yang ingin Anda instal.

7. Tunggu Proses Instalasi Selesai

Setelah memilih file IPA, klik tombol “Install”. Tunggu proses instalasi selesai. Setelah selesai, aplikasi yang terinstal akan muncul di layar iPhone Anda.

8. Aktifkan Sumber Tidak Dikenal

Jika Anda mengalami masalah saat menginstal aplikasi dari sumber lain selain App Store, Anda mungkin perlu mengaktifkan “Sumber Tidak Dikenal” di pengaturan iPhone Anda. Untuk mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal, buka “Pengaturan” dan pilih “Umum”. Gulir ke bawah dan pilih “Profil dan Perangkat” atau “Manajemen Perangkat”. Pilih profil aplikasi yang ingin Anda instal dan aktifkan “Sumber Tidak Dikenal”.

9. Selesai!

Sekarang Anda sudah tahu cara menginstal file IPA di iPhone dengan mudah. Pastikan untuk mengunduh file IPA dari sumber yang terpercaya dan selalu berhati-hati saat menginstal aplikasi dari sumber lain selain App Store.

Kesimpulan

Menginstal file IPA di iPhone memang membutuhkan sedikit usaha, tetapi tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menginstal file IPA di iPhone dengan mudah. Selalu ingat untuk berhati-hati saat menginstal aplikasi dari sumber lain selain App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *