General

Cara Melaporkan Akun Facebook yang di Hack

×

Cara Melaporkan Akun Facebook yang di Hack

Share this article

Facebook menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Namun, keamanan akun Facebook kerap kali menjadi masalah yang harus dihadapi oleh para pengguna. Salah satunya adalah ketika akun Facebook di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu bisa melaporkannya ke pihak Facebook agar akunmu bisa kembali seperti semula. Berikut adalah cara melaporkan akun Facebook yang di hack.

1. Ganti Password

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengganti password akun Facebookmu. Hal ini dilakukan untuk menghindari akses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan kamu membuat password yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain.

2. Laporkan ke Facebook

Jika kamu sudah mengganti password namun masih merasa ada yang aneh dengan akunmu, kamu bisa melaporkannya ke Facebook. Kamu bisa mengunjungi laman https://www.facebook.com/hacked untuk melaporkan akunmu yang di hack. Di sana kamu akan diarahkan untuk mengikuti beberapa langkah untuk membuktikan bahwa kamu memang pemilik akun tersebut.

3. Isi Formulir Pelaporan

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pelaporan. Isilah dengan lengkap dan jelas mengenai masalah yang kamu alami. Jangan lupa untuk menyertakan bukti bahwa akunmu memang di hack oleh orang lain. Beberapa bukti yang bisa kamu sertakan antara lain email dari Facebook yang memberikan informasi bahwa passwordmu telah diubah atau email yang memberikan konfirmasi login dari lokasi yang tidak biasa.

4. Kirim Formulir Pelaporan

Setelah mengisi formulir pelaporan dengan lengkap, kamu bisa mengirimkannya ke Facebook. Facebook akan memeriksa laporanmu dan memberikan tanggapan dalam waktu 72 jam. Jika laporanmu diterima, Facebook akan mengembalikan akunmu seperti semula.

5. Gunakan Fitur Keamanan Facebook

Untuk menghindari kejadian yang sama terulang kembali, kamu bisa menggunakan fitur keamanan Facebook seperti memasang dua faktor authentification atau mengaktifkan fitur pengiriman kode keamanan melalui email. Dengan menggunakan fitur keamanan ini, kamu bisa lebih tenang dalam menggunakan akun Facebookmu.

6. Jangan Membagikan Informasi Pribadi

Terakhir, jangan pernah membocorkan informasi pribadi seperti password dan nomor teleponmu ke orang lain. Hal ini bisa memudahkan orang lain untuk mengakses akunmu dan merusak privasimu. Selalu jaga informasi pribadimu dengan baik.

Demikian cara melaporkan akun Facebook yang di hack. Jika kamu mengalami masalah serupa, jangan panik dan segera ikuti langkah-langkah di atas. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kembali akun Facebookmu yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *