Teknologi

Cara Melihat Koordinat di Google Maps

×

Cara Melihat Koordinat di Google Maps

Share this article

Google Maps adalah layanan peta online yang populer dan sangat membantu dalam menemukan lokasi yang diinginkan. Selain itu, Google Maps juga menyediakan informasi koordinat geografis yang sangat penting untuk berbagai keperluan seperti navigasi, pemetaan, atau sekadar mengetahui lokasi yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melihat koordinat di Google Maps dengan mudah.

1. Buka Google Maps

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Google Maps di perangkat Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui browser web atau melalui aplikasi Google Maps di ponsel cerdas Anda.

2. Temukan Lokasi yang Diinginkan

Setelah membuka Google Maps, temukan lokasi yang ingin Anda lihat koordinatnya. Anda dapat mencarinya dengan mengetikkan nama lokasi atau dengan menggeser peta menggunakan fitur zoom in dan zoom out.

3. Klik Kanan pada Lokasi

Selanjutnya, klik kanan pada lokasi yang ingin Anda lihat koordinatnya. Akan muncul sebuah jendela pop-up dengan beberapa opsi.

4. Pilih “What’s here?”

Dalam jendela pop-up, pilih opsi “What’s here?”. Google Maps akan secara otomatis menandai lokasi tersebut dengan sebuah pin dan menampilkan informasi lebih lanjut di bagian bawah layar.

5. Lihat Koordinat di Bagian Bawah Layar

Di bagian bawah layar, Anda akan melihat informasi detail tentang lokasi yang Anda pilih. Salah satu informasi yang ditampilkan adalah koordinat geografis dalam format lintang dan bujur.

6. Salin Koordinat

Untuk mendapatkan koordinat yang lebih spesifik, Anda dapat melakukan klik kanan pada koordinat yang ditampilkan dan memilih opsi “Salin”. Koordinat akan disalin ke clipboard komputer atau perangkat Anda.

7. Gunakan Koordinat yang Telah Ditemukan

Sekarang, Anda telah berhasil melihat dan menyalin koordinat di Google Maps. Anda dapat menggunakan koordinat ini untuk berbagai keperluan, seperti membagikan lokasi dengan teman atau keluarga, menavigasi menggunakan perangkat GPS, atau membuat pemetaan yang lebih akurat.

8. Kesimpulan

Melihat koordinat di Google Maps sangatlah mudah dan bermanfaat. Dengan mengetahui koordinat geografis sebuah lokasi, Anda dapat dengan tepat menentukan atau berbagi lokasi yang diinginkan. Jadi, ikuti langkah-langkah di atas dan nikmati fitur yang berguna ini saat menggunakan Google Maps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *