Teknologi

cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya

×

cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya

Share this article

Pendahuluan

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang sangat berguna untuk menghubungkan perangkat seperti smartphone, headphone, dan speaker dengan laptop. Namun, tidak semua laptop dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Jika Anda memiliki laptop yang tidak memiliki Bluetooth, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada Bluetoothnya.

Pilihan 1: Menggunakan Dongle Bluetooth

Salah satu cara termudah untuk memasang Bluetooth di laptop yang tidak memiliki Bluetooth bawaan adalah dengan menggunakan dongle Bluetooth. Dongle Bluetooth adalah perangkat kecil yang dapat Anda sambungkan ke port USB laptop Anda.

Langkah-langkah untuk menggunakan dongle Bluetooth adalah sebagai berikut:

1. Beli Dongle Bluetooth

Pertama, Anda perlu membeli dongle Bluetooth. Anda dapat membelinya di toko elektronik atau toko online. Pastikan dongle Bluetooth yang Anda beli kompatibel dengan laptop Anda.

2. Sambungkan Dongle Bluetooth ke Laptop

Selanjutnya, sambungkan dongle Bluetooth ke port USB laptop Anda. Dongle ini akan menjadi antarmuka Bluetooth eksternal untuk laptop Anda.

3. Instal Driver

Setelah Anda menyambungkan dongle Bluetooth, laptop Anda mungkin perlu menginstal driver tambahan. Driver ini biasanya disertakan dalam paket dongle Bluetooth atau dapat diunduh dari situs web produsen dongle Bluetooth.

4. Aktifkan Bluetooth

Setelah driver terinstal, Anda dapat mengaktifkan Bluetooth di laptop Anda. Cari ikon Bluetooth di bilah tugas atau di menu pengaturan laptop Anda. Klik ikon tersebut dan aktifkan Bluetooth.

5. Pasangkan Perangkat Bluetooth

Setelah Bluetooth diaktifkan, Anda dapat mulai memasangkan perangkat Bluetooth dengan laptop Anda. Pastikan perangkat Bluetooth yang ingin Anda pasangkan dalam mode pencarian atau pasangan. Di laptop Anda, cari perangkat Bluetooth yang ingin Anda pasangkan dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pasangan.

Pilihan 2: Menggunakan Kartu Ekspansi Bluetooth

Jika laptop Anda memiliki slot ekspansi yang tersedia, Anda juga dapat memasang kartu ekspansi Bluetooth. Kartu ekspansi Bluetooth adalah kartu tambahan yang dapat Anda pasang ke dalam laptop untuk menambahkan fitur Bluetooth.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang kartu ekspansi Bluetooth:

1. Beli Kartu Ekspansi Bluetooth

Pertama, Anda perlu membeli kartu ekspansi Bluetooth yang kompatibel dengan laptop Anda. Pastikan untuk membaca spesifikasi laptop Anda dan memilih kartu ekspansi Bluetooth yang sesuai.

2. Matikan dan Buka Laptop

Matikan laptop Anda dan buka casingnya. Cari slot ekspansi yang tersedia di motherboard laptop Anda.

3. Pasang Kartu Ekspansi Bluetooth

Pasang kartu ekspansi Bluetooth ke slot yang tersedia di motherboard laptop Anda. Pastikan kartu terpasang dengan baik dan aman.

4. Tutup Kembali Casing Laptop

Setelah kartu ekspansi Bluetooth terpasang, tutup kembali casing laptop Anda dengan hati-hati. Pastikan tidak ada kabel atau komponen yang terjepit.

5. Nyalakan Laptop dan Instal Driver

Nyalakan laptop Anda dan tunggu sampai sistem operasi selesai booting. Setelah itu, instal driver kartu ekspansi Bluetooth yang disertakan dalam paket kartu atau unduh driver dari situs web produsen kartu ekspansi Bluetooth.

6. Aktifkan Bluetooth dan Pasangkan Perangkat

Setelah driver terinstal, aktifkan Bluetooth di laptop Anda. Cari ikon Bluetooth di bilah tugas atau di menu pengaturan laptop Anda. Klik ikon tersebut dan aktifkan Bluetooth. Setelah itu, pasangkan perangkat Bluetooth dengan laptop Anda seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Kesimpulan

Memasang Bluetooth di laptop yang tidak memiliki Bluetooth bawaan adalah mungkin dengan menggunakan dongle Bluetooth atau kartu ekspansi Bluetooth. Pilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat menikmati koneksi Bluetooth yang mudah dan praktis di laptop Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *