General

Cara Membedakan Cucak Rowo Jantan dan Betina

×

Cara Membedakan Cucak Rowo Jantan dan Betina

Share this article

Cucak rowo merupakan burung yang sangat populer di Indonesia. Selain memiliki suara kicauan yang merdu, cucak rowo juga memiliki keindahan yang mempesona. Namun, bagi para penggemar burung, membedakan cucak rowo jantan dan betina bisa menjadi sebuah tantangan. Berikut adalah beberapa cara membedakan cucak rowo jantan dan betina.

Perbedaan Fisik

Salah satu cara termudah untuk membedakan cucak rowo jantan dan betina adalah dengan melihat perbedaan fisiknya. Cucak rowo jantan biasanya lebih besar dari betina. Selain itu, bulu-bulu pada bagian kepala dan leher juga cenderung lebih panjang pada cucak rowo jantan. Sedangkan pada betina, bulu-bulu pada bagian itu cenderung lebih pendek.

Selain itu, pada cucak rowo jantan, warna bulu pada bagian bawah tubuh biasanya lebih cerah dibandingkan dengan betina. Sedangkan pada betina, warna bulu pada bagian bawah tubuh biasanya lebih gelap.

Perbedaan Suara

Cara lain untuk membedakan cucak rowo jantan dan betina adalah dengan mendengarkan suaranya. Cucak rowo jantan memiliki suara kicauan yang lebih keras dan nyaring dibandingkan dengan betina. Suara kicauan cucak rowo jantan juga cenderung lebih variatif dan panjang.

Sedangkan pada cucak rowo betina, suara kicauannya cenderung lebih halus dan lembut. Suara kicauan cucak rowo betina juga cenderung lebih pendek dibandingkan dengan jantan.

Perbedaan Tingkah Laku

Tingkah laku juga bisa menjadi acuan untuk membedakan cucak rowo jantan dan betina. Cucak rowo jantan cenderung lebih agresif dan territorial dibandingkan dengan betina. Mereka juga cenderung lebih sering berkelahi dengan burung lain.

Sedangkan cucak rowo betina cenderung lebih tenang dan tidak terlalu agresif. Mereka juga cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dalam sangkar dibandingkan dengan jantan yang lebih sering berkeliaran di luar.

Perbedaan Cara Makan

Cara makan juga bisa menjadi acuan untuk membedakan cucak rowo jantan dan betina. Cucak rowo jantan cenderung lebih rakus saat makan dan lebih sering memakan serangga yang lebih besar. Mereka juga cenderung lebih sering mencari makan di luar sangkar.

Sedangkan cucak rowo betina cenderung lebih selektif saat makan dan lebih sering memakan serangga yang lebih kecil. Mereka juga cenderung lebih banyak makan di dalam sangkar.

Perbedaan Warna Paruh dan Kaki

Perbedaan warna paruh dan kaki juga bisa menjadi acuan untuk membedakan cucak rowo jantan dan betina. Pada cucak rowo jantan, warna paruh dan kaki biasanya lebih cerah dibandingkan dengan betina. Sedangkan pada betina, warna paruh dan kaki biasanya lebih gelap.

Penutup

Demikianlah beberapa cara membedakan cucak rowo jantan dan betina. Dengan mengetahui perbedaan antara cucak rowo jantan dan betina, kita bisa lebih mudah dalam merawat dan mengembangbiakkan burung ini. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering membedakan cucak rowo jantan dan betina karena bisa membuat stres dan kurang nyaman bagi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *