General

Cara Membuat Audio Spectrum

×

Cara Membuat Audio Spectrum

Share this article

Audio Spectrum adalah efek visual yang biasanya digunakan dalam video musik. Efek ini memungkinkan penonton untuk melihat gelombang suara dan membawa pengalaman mendengarkan musik ke tingkat yang lebih tinggi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat Audio Spectrum sendiri menggunakan Adobe After Effects.

1. Persiapan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki perangkat lunak Adobe After Effects terbaru diinstal di komputer Anda. Jika belum, unduh dan instal dari situs web resmi Adobe.

Setelah Anda memiliki perangkat lunak yang sesuai, pastikan Anda memiliki file audio yang ingin Anda gunakan untuk membuat Audio Spectrum.

2. Membuat Komposisi

Buka Adobe After Effects dan buat komposisi baru. Anda dapat melakukannya dengan mengklik File -> New -> New Composition. Pastikan Anda memilih pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat video musik dengan resolusi 1920×1080, atur pengaturan di sana.

3. Menambahkan Audio ke Komposisi

Jika Anda memiliki file audio yang ingin Anda gunakan, drag dan drop file ke dalam komposisi. Anda juga dapat mengimpor file audio dengan mengklik File -> Import -> File. Setelah itu, drag dan drop file audio ke dalam komposisi.

4. Membuat Layer Solid

Selanjutnya, buat layer solid. Anda dapat melakukannya dengan mengklik Layer -> New -> Solid. Pilih warna yang Anda inginkan untuk layer solid. Misalnya, Anda dapat memilih warna putih.

5. Menambahkan Efek Audio Spectrum

Klik pada layer solid dan buka pilihan efek di sebelah kanan layar. Cari Audio Spectrum dan drag dan drop efek ke layer solid.

6. Mengubah Pengaturan Audio Spectrum

Setelah menambahkan efek Audio Spectrum, Anda dapat mengubah pengaturan efek sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah warna, lebar, dan tinggi Audio Spectrum. Anda juga dapat mengubah frekuensi dan jenis tampilan Audio Spectrum.

7. Menambahkan Keyframe

Buat keyframe untuk efek Audio Spectrum di awal komposisi. Klik tombol stopwatch di sebelah nilai frekuensi dan jenis tampilan di panel efek Audio Spectrum. Setelah itu, buat keyframe dengan mengklik tombol yang sama di waktu yang diinginkan.

8. Membuat Animasi

Selanjutnya, buat animasi untuk Audio Spectrum. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nilai frekuensi dan jenis tampilan pada keyframe terakhir. Misalnya, Anda dapat membuat Audio Spectrum menjadi lebih besar atau berubah warna.

9. Menambahkan Background

Untuk menambahkan latar belakang, buat layer solid lain di bawah layer Audio Spectrum. Pilih warna latar belakang yang Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat memilih warna hitam atau putih.

10. Menambahkan Efek Glow

Untuk menambahkan efek Glow pada Audio Spectrum, klik pada layer Audio Spectrum dan buka pilihan efek di sebelah kanan layar. Cari efek Glow dan drag dan drop efek ke layer Audio Spectrum.

11. Mengubah Pengaturan Efek Glow

Sesuaikan pengaturan efek Glow sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah warna, intensitas, atau ukuran efek Glow.

12. Menambahkan Keyframe untuk Efek Glow

Setelah menambahkan efek Glow, buat keyframe di awal komposisi. Klik tombol stopwatch di sebelah nilai opacity di panel efek Glow. Setelah itu, buat keyframe dengan mengklik tombol yang sama di waktu yang diinginkan.

13. Membuat Animasi untuk Efek Glow

Selanjutnya, buat animasi untuk efek Glow. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nilai opacity pada keyframe terakhir. Misalnya, Anda dapat membuat efek Glow menjadi lebih intens atau berubah warna.

14. Menambahkan Efek Grid

Untuk menambahkan efek Grid pada Audio Spectrum, klik pada layer Audio Spectrum dan buka pilihan efek di sebelah kanan layar. Cari efek Grid dan drag dan drop efek ke layer Audio Spectrum.

15. Mengubah Pengaturan Efek Grid

Sesuaikan pengaturan efek Grid sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah warna, lebar, atau tinggi efek Grid.

16. Menambahkan Keyframe untuk Efek Grid

Setelah menambahkan efek Grid, buat keyframe di awal komposisi. Klik tombol stopwatch di sebelah nilai opacity di panel efek Grid. Setelah itu, buat keyframe dengan mengklik tombol yang sama di waktu yang diinginkan.

17. Membuat Animasi untuk Efek Grid

Selanjutnya, buat animasi untuk efek Grid. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nilai opacity pada keyframe terakhir. Misalnya, Anda dapat membuat efek Grid menjadi lebih intens atau berubah warna.

18. Menambahkan Efek Glow pada Efek Grid

Untuk menambahkan efek Glow pada efek Grid, klik pada layer efek Grid dan buka pilihan efek di sebelah kanan layar. Cari efek Glow dan drag dan drop efek ke layer efek Grid.

19. Mengubah Pengaturan Efek Glow pada Efek Grid

Sesuaikan pengaturan efek Glow pada efek Grid sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah warna, intensitas, atau ukuran efek Glow.

20. Menambahkan Keyframe untuk Efek Glow pada Efek Grid

Setelah menambahkan efek Glow pada efek Grid, buat keyframe di awal komposisi. Klik tombol stopwatch di sebelah nilai opacity di panel efek Glow pada efek Grid. Setelah itu, buat keyframe dengan mengklik tombol yang sama di waktu yang diinginkan.

21. Membuat Animasi untuk Efek Glow pada Efek Grid

Selanjutnya, buat animasi untuk efek Glow pada efek Grid. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nilai opacity pada keyframe terakhir. Misalnya, Anda dapat membuat efek Glow pada efek Grid menjadi lebih intens atau berubah warna.

22. Menambahkan Efek Teks

Untuk menambahkan teks pada Audio Spectrum, buat layer teks baru. Anda dapat melakukannya dengan mengklik Layer -> New -> Text. Ketik teks yang Anda inginkan dan sesuaikan pengaturan teks sesuai dengan kebutuhan Anda.

23. Menambahkan Efek Shadow pada Teks

Untuk menambahkan efek Shadow pada teks, klik pada layer teks dan buka pilihan efek di sebelah kanan layar. Cari efek Shadow dan drag dan drop efek ke layer teks.

24. Mengubah Pengaturan Efek Shadow pada Teks

Sesuaikan pengaturan efek Shadow pada teks sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah warna, jarak, atau ukuran efek Shadow pada teks.

25. Menambahkan Keyframe untuk Efek Shadow pada Teks

Setelah menambahkan efek Shadow pada teks, buat keyframe di awal komposisi. Klik tombol stopwatch di sebelah nilai opacity di panel efek Shadow pada teks. Setelah itu, buat keyframe dengan mengklik tombol yang sama di waktu yang diinginkan.

26. Membuat Animasi untuk Efek Shadow pada Teks

Selanjutnya, buat animasi untuk efek Shadow pada teks. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nilai opacity pada keyframe terakhir. Misalnya, Anda dapat membuat efek Shadow pada teks menjadi lebih intens atau berubah warna.

27. Menambahkan Efek Background pada Teks

Untuk menambahkan efek Background pada teks, buat layer solid di bawah layer teks. Pilih warna latar belakang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih warna hitam atau putih.

28. Mengubah Pengaturan Opacity pada Layer Background Teks

Sesuaikan pengaturan opacity pada layer background teks sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah nilai opacity menjadi 50% atau 75%.

29. Menambahkan Keyframe untuk Opacity pada Layer Background Teks

Setelah menambahkan layer background teks, buat keyframe di awal komposisi. Klik tombol stopwatch di sebelah nilai opacity pada layer background teks. Setelah itu, buat keyframe dengan mengklik tombol yang sama di waktu yang diinginkan.

30. Membuat Animasi untuk Opacity pada Layer Background Teks

Selanjutnya, buat animasi untuk opacity pada layer background teks. Anda dapat melakukannya dengan mengubah nilai opacity pada keyframe terakhir. Misalnya, Anda dapat membuat layer background teks menjadi lebih transparan atau lebih solid.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara membuat Audio Spectrum menggunakan Adobe After Effects. Ikuti langkah-langkah di atas dan sesuaikan efek dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menambahkan file audio yang ingin Anda gunakan dan menyesuaikan pengaturan efek sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *