Teknologi

Cara Membuat Video dari Gambar dengan VivaVideo

×

Cara Membuat Video dari Gambar dengan VivaVideo

Share this article

Apa itu VivaVideo?

VivaVideo adalah salah satu aplikasi pengeditan video terpopuler yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Dengan VivaVideo, Anda dapat dengan mudah membuat video menarik dari foto-foto Anda. Apakah Anda ingin membuat slideshow kenangan, video promosi, atau konten kreatif lainnya, VivaVideo adalah solusi yang tepat.

Langkah 1: Unduh dan Instal VivaVideo

Langkah pertama untuk membuat video dari gambar adalah mengunduh dan menginstal aplikasi VivaVideo. Anda dapat menemukan aplikasi ini di Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Cari “VivaVideo” di toko aplikasi, pilih aplikasi yang tepat, dan tekan tombol “Unduh” atau “Instal” untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

Langkah 2: Buka VivaVideo dan Pilih Mode Membuat Video

Setelah Anda berhasil menginstal VivaVideo, buka aplikasi tersebut. Anda akan disambut dengan berbagai mode pembuatan video yang tersedia. Pilih mode yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat slideshow kenangan, pilih mode “Slideshow Foto”. Jika Anda ingin membuat video dengan foto dan musik latar, pilih mode “Video Musik”. Pilih mode yang tepat dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Tambahkan Gambar ke Proyek

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan gambar-gambar yang ingin Anda jadikan video ke dalam proyek VivaVideo. Tekan tombol “Tambahkan Gambar” atau ikon serupa yang tersedia dalam antarmuka aplikasi. Telusuri galeri foto Anda, pilih gambar yang diinginkan, dan tekan “Selesai” atau “Tambahkan” untuk memasukkan gambar ke dalam proyek.

Langkah 4: Atur Urutan dan Durasi Gambar

Setelah Anda menambahkan gambar-gambar ke dalam proyek, Anda dapat mengatur urutan dan durasi masing-masing gambar. Pilih gambar pertama dalam urutan, lalu geser dan seret gambar lainnya untuk mengatur urutan yang diinginkan. Untuk mengatur durasi tampilan gambar, sentuh dan tahan gambar, lalu pilih “Edit Durasi” atau opsi serupa. Atur durasi yang diinginkan untuk setiap gambar dan pastikan semuanya terlihat seperti yang Anda inginkan.

Langkah 5: Tambahkan Efek dan Filter

VivaVideo menawarkan berbagai efek dan filter yang dapat Anda tambahkan ke video Anda. Untuk melakukannya, cukup pilih gambar tertentu, lalu tekan tombol “Efek” atau “Filter” yang tersedia. Telusuri koleksi efek dan filter yang ada, pilih yang sesuai dengan gaya dan suasana yang Anda inginkan, dan terapkan ke gambar yang dipilih. Anda dapat mengulangi langkah ini untuk setiap gambar dalam proyek Anda.

Langkah 6: Tambahkan Musik Latar

Musik latar dapat memberikan sentuhan emosional dan atmosferik pada video Anda. VivaVideo memungkinkan Anda untuk menambahkan musik latar dari perpustakaan musik yang ada di perangkat Anda. Pilih gambar pertama dalam proyek, lalu tekan tombol “Tambahkan Musik” atau opsi serupa. Pilih musik yang diinginkan dari perpustakaan musik VivaVideo atau unggah musik dari perangkat Anda sendiri. Sesuaikan volume musik latar sesuai preferensi Anda.

Langkah 7: Terapkan Transisi

Transisi yang mulus antara gambar-gambar dapat membuat video Anda terlihat lebih profesional. VivaVideo menyediakan berbagai pilihan transisi yang dapat Anda terapkan pada proyek Anda. Untuk melakukannya, pilih gambar pertama dalam urutan, lalu tekan tombol “Transisi” atau opsi serupa. Telusuri pilihan transisi yang tersedia, pilih yang sesuai, dan terapkan pada gambar yang dipilih. Ulangi langkah ini untuk setiap gambar dalam proyek Anda.

Langkah 8: Tambahkan Teks dan Stiker

Jika Anda ingin menambahkan teks atau stiker ke dalam video, VivaVideo memungkinkan Anda melakukannya. Pilih gambar yang ingin Anda tambahi teks atau stiker, lalu tekan tombol “Teks” atau “Stiker” yang tersedia dalam aplikasi. Ketik teks yang diinginkan atau telusuri stiker yang ingin Anda gunakan. Atur posisi, ukuran, dan durasi tampilan teks atau stiker sesuai keinginan Anda.

Langkah 9: Terapkan Efek Transisi

VivaVideo juga menyediakan efek transisi yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan satu gambar dengan gambar berikutnya. Pilih gambar yang ingin Anda tambahi efek transisi, lalu tekan tombol “Efek Transisi” atau opsi serupa. Pilih efek transisi yang diinginkan dari pilihan yang tersedia, dan terapkan pada gambar yang dipilih. Ulangi langkah ini untuk setiap gambar dalam proyek Anda.

Langkah 10: Pratinjau dan Simpan Video

Setelah Anda selesai mengedit video Anda, saatnya untuk melihat pratinjau hasil akhir. Tekan tombol “Pratinjau” atau opsi serupa untuk melihat video dalam mode pratinjau. Pastikan semuanya terlihat dan berjalan sesuai keinginan Anda. Jika Anda puas dengan hasilnya, tekan tombol “Simpan” atau “Ekspor” untuk menyimpan video ke dalam galeri ponsel Anda. Anda dapat memilih resolusi video yang diinginkan sebelum menyimpannya.

Kesimpulan

Dengan menggunakan VivaVideo, Anda dapat dengan mudah membuat video menarik dari gambar-gambar Anda. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mengedit gambar, menambahkan efek, musik, teks, dan transisi, dan hasilkan video yang kreatif dan profesional. Nikmati proses kreatif Anda dan bagikan video Anda dengan teman dan keluarga melalui berbagai platform media sosial. Dengan VivaVideo, Anda dapat mengubah gambar Anda menjadi video yang menakjubkan dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *