Teknologi

cara menambah kapasitas RAM di HP Realme

×

cara menambah kapasitas RAM di HP Realme

Share this article

Apa itu RAM dan Pentingnya dalam HP Realme

Sebagai pengguna smartphone, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM. RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory yang berperan penting dalam kinerja perangkat mobile, termasuk HP Realme Anda. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data aplikasi yang sedang berjalan, yang memungkinkan sistem operasi dan aplikasi bekerja secara efisien.

RAM memainkan peran penting dalam membantu HP Realme Anda menjalankan berbagai aplikasi dan tugas sehari-hari. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi dan tugas yang bisa dijalankan secara bersamaan tanpa mengalami lag atau penurunan kinerja.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kapasitas RAM di HP Realme adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Setiap aplikasi yang terpasang di perangkat Anda akan menggunakan sejumlah RAM, sehingga semakin banyak aplikasi yang terpasang, semakin sedikit RAM yang tersedia untuk aplikasi lainnya.

Anda dapat memeriksa daftar aplikasi yang terpasang di HP Realme Anda dan menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali. Caranya cukup mudah, buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Selain menghapus aplikasi yang tidak digunakan, Anda juga dapat mematikan aplikasi yang tidak diperlukan agar tidak berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi memiliki fitur yang memungkinkan mereka berjalan di latar belakang, meskipun Anda tidak sedang menggunakannya.

Hal ini dapat mengurangi kapasitas RAM yang tersedia. Untuk mematikan aplikasi yang tidak diperlukan, buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin dimatikan. Kemudian, pilih opsi untuk menghentikan aplikasi atau mematikan notifikasi aplikasi tersebut.

3. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Ada banyak aplikasi pembersih RAM yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan RAM di HP Realme Anda. Aplikasi pembersih RAM ini akan membersihkan memori yang tidak digunakan oleh aplikasi atau proses lainnya, sehingga meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia.

Anda dapat mencari aplikasi pembersih RAM di Play Store dan menginstal salah satu yang memiliki rating dan ulasan positif. Setelah menginstal aplikasi tersebut, jalankan pembersihan RAM secara teratur untuk menjaga kinerja HP Realme Anda tetap optimal.

4. Matikan Animasi

HP Realme memiliki tampilan antarmuka yang menarik dengan animasi yang halus. Namun, animasi ini juga membutuhkan sejumlah RAM untuk berjalan. Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas RAM di HP Realme, Anda dapat mematikan animasi atau mengurangi durasinya.

Untuk mematikan animasi, buka menu Pengaturan, pilih Opsi Pengembang (jika tidak ada, ketuk nomor versi sistem beberapa kali hingga muncul), dan cari opsi untuk mematikan animasi. Setelah mematikan animasi, Anda akan melihat peningkatan kapasitas RAM yang tersedia di HP Realme Anda.

5. Restart HP Realme secara Teratur

Restart HP Realme secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia. Saat Anda menggunakan HP Realme untuk waktu yang lama, beberapa aplikasi atau proses mungkin terus berjalan di latar belakang dan menggunakan sejumlah RAM.

Dengan merestart HP Realme, semua aplikasi dan proses akan ditutup, dan RAM akan dibersihkan. Ini akan memberikan kembali kapasitas RAM yang lebih besar untuk digunakan oleh aplikasi yang sedang Anda jalankan.

6. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Perbarui sistem operasi dan aplikasi di HP Realme Anda secara teratur. Setiap pembaruan biasanya mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan RAM.

Untuk memeriksa pembaruan sistem operasi, buka menu Pengaturan, pilih Sistem, dan pilih Pembaruan Sistem. Untuk memeriksa pembaruan aplikasi, buka Play Store, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas, dan pilih opsi “Pembaruan” atau “Perbarui Semua” jika tersedia.

7. Gunakan Kartu SD sebagai Penyimpanan Eksternal

Jika HP Realme Anda memiliki slot kartu SD, Anda dapat menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan eksternal untuk mengurangi penggunaan internal. Beberapa aplikasi dapat dipindahkan ke kartu SD, sehingga membebaskan ruang di memori internal dan meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia.

Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin dipindahkan. Kemudian, pilih opsi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD jika tersedia.

8. Gunakan Mode Hemat Daya

HP Realme biasanya dilengkapi dengan mode hemat daya yang dapat mengurangi penggunaan RAM dan meningkatkan efisiensi baterai. Mode hemat daya akan membatasi kinerja beberapa aplikasi dan proses yang tidak penting, sehingga memberikan lebih banyak kapasitas RAM yang tersedia untuk aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Anda dapat mengaktifkan mode hemat daya dengan membuka menu Pengaturan, pilih Baterai, dan pilih opsi Mode Hemat Daya atau Mode Ekstrim Hemat Daya, tergantung pada model HP Realme Anda.

9. Hindari Menggunakan Live Wallpaper

Live wallpaper yang bergerak dan berubah-ubah dapat membuat tampilan HP Realme Anda menjadi lebih menarik. Namun, live wallpaper juga menggunakan sejumlah RAM untuk berjalan. Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas RAM di HP Realme, sebaiknya hindari menggunakan live wallpaper dan pilih wallpaper statis.

10. Batasi Widget yang Digunakan

Widget adalah fitur yang memungkinkan Anda menampilkan informasi langsung di layar beranda HP Realme Anda. Namun, setiap widget yang ditambahkan juga akan menggunakan sejumlah RAM. Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas RAM di HP Realme, batasi penggunaan widget dan hanya gunakan widget yang benar-benar Anda perlukan.

11. Gunakan Aplikasi Ringan

Banyak aplikasi alternatif yang lebih ringan tersedia di Play Store. Aplikasi ini dirancang untuk menggunakan sedikit RAM dan sumber daya sistem lainnya, sehingga tidak membebani HP Realme Anda.

Sebelum menginstal aplikasi, periksa persyaratan sistem dan ulasan pengguna untuk memastikan aplikasi tersebut cocok dengan HP Realme Anda. Pilih aplikasi yang memiliki ukuran file kecil dan ulasan positif untuk mengoptimalkan penggunaan RAM di HP Realme Anda.

12. Jaga Ruang Penyimpanan Internal yang Cukup

Ruang penyimpanan internal yang penuh juga dapat mempengaruhi kinerja RAM di HP Realme. Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup di HP Realme Anda untuk mengoptimalkan penggunaan RAM.

Hapus file-file yang tidak diperlukan, pindahkan file ke penyimpanan eksternal, dan gunakan fitur pembersihan cache di pengaturan untuk membersihkan file sementara yang tidak diperlukan.

13. Gunakan RAM Eksternal

Jika HP Realme Anda mendukung penggunaan RAM eksternal, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan RAM eksternal tambahan. RAM eksternal akan memberikan kapasitas tambahan untuk menjalankan aplikasi dan tugas sehari-hari.

Pastikan HP Realme Anda mendukung penggunaan RAM eksternal sebelum membelinya. Baca spesifikasi HP Realme Anda atau konsultasikan dengan penyedia layanan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kemampuan RAM eksternal di HP Realme Anda.

14. Kurangi Jumlah Notifikasi

Notifikasi dari aplikasi yang terus muncul juga dapat mengurangi kapasitas RAM yang tersedia di HP Realme Anda. Setiap notifikasi yang diterima akan menggunakan sejumlah RAM untuk berjalan.

Untuk mengurangi jumlah notifikasi, buka menu Pengaturan, pilih Aplikasi, dan pilih aplikasi yang ingin diatur notifikasinya. Kemudian, nonaktifkan atau batasi notifikasi dari aplikasi tersebut.

15. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis dengan akun media sosial dan layanan cloud juga dapat menggunakan sejumlah RAM di HP Realme Anda. Setiap kali sinkronisasi otomatis berjalan, beberapa aplikasi akan menggunakan RAM untuk mengirim atau menerima data.

Untuk mematikan sinkronisasi otomatis, buka menu Pengaturan, pilih Akun, dan pilih akun yang ingin diatur sinkronisasinya. Kemudian, nonaktifkan sinkronisasi otomatis atau atur interval sinkronisasi yang lebih jarang.

16. Gunakan Mode Pengembang

Mode pengembang adalah fitur tersembunyi di HP Realme yang dapat memberikan akses ke pengaturan dan opsi tambahan. Dalam mode pengembang, Anda dapat membatasi jumlah proses yang berjalan secara bersamaan, mengubah ukuran tata letak jendela, atau mengatur penggunaan RAM secara lebih spesifik.

Untuk mengaktifkan mode pengembang, buka menu Pengaturan, pilih Opsi Pengembang (jika tidak ada, ketuk nomor versi sistem beberapa kali hingga muncul). Kemudian, aktifkan mode pengembang dan jelajahi opsi dan pengaturan yang tersedia.

17. Hapus Cache Aplikasi

Setiap aplikasi yang Anda gunakan akan menyimpan file cache untuk mempercepat waktu loading dan kinerja aplikasi. Namun, cache ini juga dapat mengambil sejumlah RAM di HP Realme Anda.

Anda dapat menghapus cache aplikasi secara manual melalui menu Pengaturan, pilih Penyimpanan, pilih Cache Data, dan hapus cache aplikasi yang ingin dihapus.

18. Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa aplikasi memiliki opsi untuk berjalan di latar belakang, meskipun Anda tidak sedang menggunakannya. Aplikasi-aplikasi ini akan menggunakan sejumlah RAM di HP Realme Anda.

Untuk membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang, buka menu Pengaturan, pilih Baterai, pilih opsi Penghemat Daya atau Aplikasi Terlindungi, dan pilih aplikasi yang ingin dibatasi. Kemudian, nonaktifkan opsi untuk berjalan di latar belakang.

19. Gunakan Aplikasi Pengelola RAM

Aplikasi pengelola RAM dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan RAM di HP Realme Anda. Aplikasi ini akan membersihkan memori yang tidak digunakan oleh aplikasi atau proses lainnya secara otomatis, sehingga meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia.

Pilih aplikasi pengelola RAM yang memiliki rating dan ulasan positif di Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, jalankan pembersihan RAM secara teratur untuk menjaga kinerja HP Realme Anda tetap optimal.

20. Jangan Gunakan Banyak Aplikasi Berat Secara Bersamaan

Jangan menggunakan terlalu banyak aplikasi berat secara bersamaan di HP Realme Anda. Aplikasi-aplikasi berat akan menggunakan sejumlah besar RAM untuk berjalan,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *